Perjalanan apalagi perjalanan jauh perlu persiapan. Dengan persiapan yang baik, diharapkan perjalanan kita berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman.

Apapun jenis transportasinya, persiapan perlu dilakukan. Kali ini saya menuliskan tips perjalanan perjalanan/penerbangan agar anda dapat melakukannya dengan baik.

Tips ini saya rangkum menjadi tiga bagian, yaitu tips sebelum penerbangan, tips ketika dalam penerbangan, dan tips setelah penerbangan.


tips perjalanan dengan pesawat



Tips Sebelum Penerbangan


1. Bagi Anda yang naik pesawat di kota Jakarta, utamanya di Bandara Soekarno-Hatta (karena ada banyak terminal penerbangan), harus memperhatikan hal ini. Anda harus memastikan informasi yang tepat terkait dimana terminal pesawat anda.

2. Anda harus mengatur waktu keberangkatan dari rumah anda agar dapat tiba di bandara dua jam sebelum keberangkatan (untuk spare waktu, seperti parkir, angkut bagasi, check-in, makan, shalat, dan seterusnya).

3. Untuk memudahkan dan mempercepat anda melewati pemeriksaan x-ray, bawalah tas jinjing/kecil, lalu letakkan HP, dompet, jam tangan, ikat pinggang, atau barang lain yang berbahan metal ke dalam tas, sehingga bisa langsung ditaruh di box pemeriksaan.

4. Mematuhi peraturan dari maskapai penerbangan, contohnya tidak memasukkan barang-barang yang termasuk kategori dangerous goods. Anda harus pastikan bagasi yang sudah diperiksa terpasang label security checked.

5. Menyiapkan tiket (e-ticket atau tiket lainnya)  dan KTP sebagai kartu identitas untuk kelancaran check-in (plus passport jika perjalanan luar negeri).

6. Mengemas bagasi (atau wrapped untuk keamanan), hitung jumlah bagasi anda dan pastikan jumlahnya sama dengan jumlah printed label bagasi atau tanda bagasi (biasanya diberikan bersama dengan boarding pass) yang diberikan petugas maskapai

7. Patuhi peraturan maskapai tentang berat bagasi maksimal dan dimensi bagasi maksimal agar proses check-in lancar dan tidak terkena biaya tambahan berat bagasi jika kelebihan berat.

Informasi tambahan:

Setiap maskapai penerbangan mempunyai aturan yang berbeda, silakan cek pada website maskapai masing-masing, contohnya:

Ketentuan bagasi pada maskapai Garuda Indonesia

Ketentuan bagasi pada maskapai Batik Air


8. Sama dengan tips ke tiga, anda akan melakukan pemeriksaan x-ray ke dua dan menuju ruang tunggu.

9. Anda diharapkan berada di ruang tunggu 40 menit sebelum keberangkatan/penerbangan.

10. Siapkan tiket/boarding pass dan KTP di kantong atau di tas jinjing anda agar mudah diambil ketika saat pemeriksaan menjelang boarding.

11. Anda dapat menunggu boarding dengan melakukan berbagai aktivitas seperti membaca buku/majalah, membeli oleh-oleh, makan, dan sebagainya.


tips travel dengan pesawat terbang



Tips ketika sedang dalam penerbangan


1. Setelah tiba di tempat duduk anda (di nomor yang sesuai dengan boarding pass), letakkan barang anda di rak kabin yang tersedia di atas/dekat tempat duduk anda.

2. Pasang sabuk pengaman, HP diubah ke flight mode atau dimatikan, menegakkan sandaran kursi, dan membuka penutup jendela.

3. Berdoa naik kendaraan dan doa safar.

4. Mengikuti instruksi yang diberikan oleh kru/petugas pesawat.

5. Di dalam penerbangan yang panjang, manfaatkan waktu dengan melakukan berbagai aktivitas seperti membaca buku, berdzikir, berdoa (salah satu doa yang makbul adalah doa ketika safar, maka perbanyaklah berdoa di saat ini), membaca surat kabar/majalah yang disediakan, 

6. Jika ingin BAK, lavatory (kamar kecil) tersedia di bagian depan atau bagian belakang. Gunakan dengan bijak, misalnya jaga kebersihannya, dan seterusnya.


Tips setelah penerbangan


1. Saat hendak mendarat, lakukan persiapan seperti menegakkan sandaran kursi, memakai sabuk pengaman, membuka penutup jendela pesawat.

2. Mengambil barang di rak kabin dengan antri, lalu antri untuk keluar pesawat.

3. Keluar pesawat menuju terminal kedatangan, biasanya jalurnya diinformasikan pada papan informasi.

4. Menyiapkan label bagasi untuk persiapan pengambilan bagasi.

5. Pastikan bagasi yang anda ambil merupakan milik sendiri dengan memeriksa seri nomor label bagasi (jika orang lain/petugas yang mengambilkan bagasi anda).

6. Jika bagasi ada yang rusak atau hilang segera laporkan kepada petugas lost and found, yang lokasinya tidak jauh dari tempat pengambilan bagasi. Tunjukkan bukti label bagasinya.

Tambahan informasi:

Jika anda ke/dari Bandara Halim Perdanakusuma (atau bandara yang dikelola oleh PT. Angkasa Pura II), untuk melaporkan kehilangan barang, anda dapat mengisi form di sini: http://halimperdanakusuma-airport.co.id/id/guides/lostandfound

Untuk melihat laporan barang hilang, dapat melihat di sini: http://angkasapura2.co.id/lostandfound/report


7. Pastikan jumlah bagasi yang anda bawa lengkap.

8. Keluar terminal menuju transportasi yang membawa anda ke tempat tujuan, misalnya DAMRI (ada di bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma, taxi, atau ke tempat parkir (jika ada yang menjemput anda).

9. Bersyukur kepada Allah Ta'ala bahwa penerbangan lancar dan berdoa supaya safarnya bermanfaat dan berkah.


=====================
Artikel terkait:

Objek Wisata Lombok


0 comments:

Post a Comment