Untuk para siswa/siswi SMA, para mahasiswa/mahasiswi, dan juga para pelajar lainnya, tulisan ini didedikasikan untuk anda yang ingin sukses dalam perkuliahan (sukses di kampus) atau di sekolah.

Saya akan menuliskan tulisan berseri mengenai tips sukses dalam kuliah. Dalam tulisan pertama ini saya akan berbagi informasi tentang empat siklus tahapan proses belajar.

Pertama kali anda harus perhatikan adalah untuk menjadi pelajar/mahasiswa yang sukses adalah anda harus mengerti tentang learning process (proses belajar).

Diantara proses belajar yang harus diketahui adalah:

- Learning style (gaya belajar).

- Aktivitas belajar yang efektif.

- Empat langkah proses belajar.


Jika anda memahami mengenai proses di atas, maka anda dapat memaksimalkan potensi akademis anda di kampus atau di sekolah.


4 tahapan belajar untuk meraih sukses di perkuliahan



Empat tahapan dalam proses belajar


Aktivitas pembelajaran di kampus biasanya sudah berbeda dengan aktivitas belajar di SD atau SMP.

Di kampus, para dosen memberi tanggung jawab dan mendorong kepada para mahasiswanya untuk belajar mandiri, memperbanyak diskusi, mengulang materi di luar kampus, mendapatkan informasi secara mandiri untuk melengkapi teori yang diajarkan di kelas, dan seterusnya.

Kesimpulannya, anda bebas memilih untuk sukses atau gagal. Jika anda memilih untuk sukses, maka anda akan berusaha untuk melakukan proses pembelajaran dengan baik di kampus atau di luar kampus.

Contoh aktivitas pembelajaran yang biasanya dilakukan oleh para mahasiswa yaitu:


- Mendengarkan dosen memaparkan teori dan menjelaskan materi.

- Diskusi di kelas membahas suatu materi yang dipandu oleh dosen.

- Membaca textbooks atau buku yang menjadi sumber materi baik di kelas maupun di luar kelas.

- Bertanya dan diskusi dengan dosen baik di kelas maupun di luar kelas.

- Belajar bersama (diskusi, dll) dengan teman mahasiswa/i  baik di kelas, kampus, maupun di luar kampus.

- Membuat catatan atau meringkas materi yang didapatkan dari penjelasan dosen, dari buku rujukan, dan lain lain.

- Membaca buku catatan materi.

- dan lain lain.


Ada empat langkah dalam pembelajaran yang ideal di kampus, yaitu:


1. Preparing

Persiapan (preparing) belajar adalah langkah pertama dalam proses belajar. Intinya adalah menanamkan mindset yang tepat untuk belajar, mempersiapkan mental untuk belajar dengan baik.

Mahasiswa harus dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti pembelajaran di kelas.

Contoh mahasiswa yang melakukan persiapan yang baik untuk mengikuti kelas di kampusnya adalah:

- Datang ke kampus dan masuk ke kelas di awal waktu.

- Mengambil tempat duduk di depan agar ia dapat mendengar dengan baik penjelasan dosen dan melihat dengan baik paparan dosen di papan tulis atau di layar infocus.

- Mempersiapkan buku/textbook, buku catatan, pensil, pulpen, pulpen warna, dan lainnya.

- Selagi menunggu dosen datang ke kelas, ia berdiskusi dengan mahasiswa/i lainnya di kelas tentang materi yang telah dipelajari atau materi yang akan dipelajari. Bisa juga berdiskusi tentang paper atau tugas yang diberikan dosen.

- Selagi menunggu pelajaran dimulai, ia membaca textbook, membaca ulang text atau kalimat penting yang ia tandai dengan pensil/pulpen warna. Bisa juga membaca catatan yang ia buat dari pelajaran yang lalu.

Manfaat yang didapat dari melakukan persiapan belajar adalah:

- Dapat lebih memahami pelajaran yang disampaikan karena sudah siap mental dan mind-setnya.

- Mempermudah proses belajar selanjutnya.

- Ketika mereview pelajaran yang lalu dan membaca materi yang akan diajarkan diwaktu menunggu dosen masuk ke kelas, maka anda akan lebih paham dan ingat pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya, dan dapat mengaitkan pelajaran yang lalu dengan pelajaran hari ini.


2. Absorbing

Absorbing artinya proses menyerap ide, informasi baru, penjelasan, uraian dari dosen yang menjelaskan materi pelajaran di kelas.

Proses menyerap ilmu baru ini bukan hanya terjadi di dalam kelas ketika anda mendengarkan dosen menjelaskan materi, namun bisa juga ketika:

- Berdiskusi dengan sesama mahasiswa membahas materi baik di kampus maupun di luar kampus.

- Ketika konsultasi dan diskusi dengan dosen di luar kelas pada saat jam kerja di kampus.

- Membaca buku sumber atau textbook.


Manfaat melakukan aktivitas absorbing:

- Dapat mengerti dan memahami topik pelajaran dengan baik.

- Mendapatkan informasi baru.

- Dapat mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang didapat sebelumnya sehingga dapat mengaitkan atau menghubungkan informasi tersebut sehingga memahami informasi yang utuh.


3. Capturing

Capturing dalam fase pembelajaran artinya mencatat (membuat catatan).

Ada kata manfaat (pepatah arab) yang inspiratif tentang hal ini, yaitu: "Ikatlah ilmu dengan mencatatnya"

Walaupun anda merasa memory (ingatan) anda kuat, namun aktivitas mencatat itu tetap penting dalam proses pembelajaran mahasiswa.

Ada beberapa teknik mencatat yang efektif dan baik, diantaranya mencatat dengan teknik cornell note-taking system

Ada juga beberapa metode mencatat yang lain seperti mind-mapping, outlining, charting, dan lain sebagainya. Anda dapat membacanya di http://katakatamanfaat.blogspot.com/2017/01/keterampilan-note-taking.html

Anda bisa membaca dua artikel di atas jika ingin menerapkannya dalam proses pembelajaran anda.

Keterampilan mencatat dengan baik ini sangat penting untuk mahasiswa yang belajar di kampus karena informasi yang didapat ketika menjadi mahasiswa ini sangat banyak, diperlukan keterampilan untuk memilah dan memilih informasi yang tepat untuk dicatat dan dipahami.


Manfaat yang anda dapat dari fase atau tahapan ini:

- Dapat mengikat ilmu, ketika anda memerlukannya anda tinggal melihatnya.

- Aktivitas mencatat dapat memperkuat pemahaman materi.

- Catatan yang efektif dapat membantu anda mereview pelajaran.


4. Reviewing

Ini adalah tahap untuk mengulang dan mereview materi yang telah anda dapat melalui penjelasan dosen di kelas, ringkasan materi yang didapat dari textbook, atau dari sumber yang lainnya seperti online media (internet), jurnal ilmiah, dan lainnya.


Manfaat dari aktivitas reviewing dalam proses belajar:

- Memperkuat ingatan dan pemahaman materi.

- Dapat mempermudah persiapan untuk belajar (mendapatkan informasi) materi selanjutnya.

- Dapat dijadikan tolok ukur apakah anda telah memahami materi dengan baik atau belum.

- Ketika anda belum paham suatu materi, anda tinggal baca dan mengulang catatan materi tersebut.


Kesimpulan


1. Jika anda memutuskan ingin sukses kuliah di perguruan tinggi, maka anda harus melaksanakan setiap tahapan belajar di atas dengan sungguh-sungguh.

2. Empat proses tahapan belajar di atas adalah proses yang berkesinambungan (cycle).


Baca tips sukses meraih sukses belajar di perguruan tinggi (tips kuliah sukses) berikutnya pada blog ini. => Tips sukses yang kedua

Selamat menerapkan ilmu ini dan semoga sukses.


0 comments:

Post a Comment