Tulisan ini adalah kelanjutan dari keterampilan mencatat yang harus dimiliki dan diajarkan sejak dini.

Keterampilan note taking adalah sebuah keterampilan belajar yang harus dimiliki oleh seorang pelajar. Saya yang awam ini mendeskripsikan study skill (keterampilan belajar) atau note taking skill (keterampilan mencatat) ini ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih adalah sebagai berikut “keterampilan bagaimana cara belajar yang efektif” yang salah satu keterampilan yang akan dibahas pada tulisan ini adalah “keterampilan membuat catatan” atau cara membuat catatan dan kesimpulannya.

Seperti yang sudah saya singgung pada postingan lalu keterampilan note taking, tentang informasi berupa pelajaran baru yang didapat, bisa diperoleh di kelas ( melalui guru yang menjelaskan pelajaran di kelas ), didapat dari buku atau jurnal ilmiah, dari video atau suara, dan seterusnya.

Biasanya informasi tersebut kita catat dalam sebuah buku atau kertas, bisa juga kita rekam melalui voice recorder atau video recorder, bahkan kita rekam langsung ke dalam otak kita.

Sebagai alat untuk mengulang sekaligus memberikan pemahaman yang kuat sehingga dapat tersimpan di dalam memori jangka panjang otak, maka saya akan sharing ke teman teman note taking system yang dikenalkan oleh seorang professor di Cornell university, yang beliau beri nama Cornell note-taking system.

Sebenarnya saya pribadi mempunyai cara sendiri atau gaya sendiri dalam membuat catatan. Tapi saya berikan ini agar anak anak mencoba semua cara sehingga mereka dapat memilih cara membuat catatan sesuai dengan selera mereka.

Penjelasan tentang Cornell note-taking system


Oleh karena saya temukan berbagai tulisan di beberapa website yang menyebutkan bahwa keterampilan membuat catatan ala Cornell system ini disebut meningkatkan efektifitas dalam belajar, maka tak ada salahnya saya menjelaskan tentang note-taking ini.

Untuk templatenya, saya mendapatnya dengan  mendownload di websitenya.

Ini adalah screenshoot dari template tersebut yang sudah saya modifikasi:

contoh metode cornell dalam membuat catatan - note taking


Bagaimana cara menerapkan Cornell note-taking system


1.Tulis catatan di kolom sebelah kanan (kolom utama).


Metode yang dipakai dalam mencatat adalah:

- Outlining: hanya menulis kalimat inti (informasi yang sangat fundamental).

- Charting: menuliskan catatan dalam bentuk bagan atau diagram (chart).

- Mapping: menuliskan dalam bentuk mindmapping.


Anda dapat menulis catatan dengan menggunakan gabungan metode di atas.


2.Isi kolom sebelah kiri yang merupakan dari ringkasan dari catatan di kolom utama.


Best practices dari langkah ke dua ini adalah:

- Highlight ide untuk mendapatkan point penting dari catatan di kolom utama.

- Tulislah kata kunci dari point penting tersebut di kolom sebelah kiri.


Kata tersebut harus bisa mewakili catatan yang sudah ditulis di kolom utama.


3. Terakhir, buatlah summary catatan dikolom bawah.


Membuat cornell note-taking system apakah sudah cukup?

Aktivitas mencatat pelajaran belumlah cukup untuk seorang pelajar yang ingin prestasi akademisnya bagus. Ada tahap lanjutan yang harus dilakukan. Apakah itu? Yaitu aktivitas review dan mengulang membaca catatan tersebut.

Salah satu tips untuk mengulang pelajaran dengan menggunakan cornell note-taking system adalah:


Anda dapat melakukan langkah-langkah di bawah:


- Anda dapat menutup kolom sebelah kanan, sehingga anda hanya melihat kolom sebelah kiri.

- Sekarang Anda hanya melihat cue (kata kata penting).

- Baca kata tersebut, dan cobalah menjelaskan informasi yang berkaitan dengan kata tersebut. Tahap ini dinamakan proses review information. Jika anda lancar untuk menyebutkan hubungan antara kolom kiri (ide pokok) dan kolom kanan (penjelasan dari ide pokok tersebut) berarti anda telah berhasil melakukan recall informasi.

Tambahkan proses ini dengan melakukan pertanyaan mengapa? Siapa? Kapan? Di mana? Apa? Dan seterusnya untuk lebih memahamkan materi yang sudah dipelajari.

- Sebutkan ulang summary yang ada di kolom bawah.


Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka anda telah melakukan review dengan mengaitkan informasi satu ke informasi lain dan mengulang-ulangnya.

Cara untuk memperkuat ingatan salah satunya adalah kaitkan informasi itu dengan informasi lain (buat seperti alur mulai dari awal hingga akhir). Ini yang pernah saya baca dari buku tips memory (buku terjemahan tapi saya lupa judulnya).

Demikian dokumentasi saya mengenai cara membuat catatan yang efektif yang mengambil studi kasus note-taking ala cornell system.

Jika teman-teman mempunyai cara yang lain, mohonlah kiranya sharing dengan kami dapat dengan mengisi komentar di bawah atau di facebook kami di learning with abi and ummi.



0 comments:

Post a Comment