Renungan akhir tahun


Waktu berjalan begitu cepat, secepat sebilah pedang yang menebas sasaran, bahkan lebih cepat lagi. Benarlah pepatah arab mengatakan waktu laksana pedang, sebab jika kita tak pandai memanfaatkannya, maka pedang itu akan menebas kita.

Tak terasa, kita sudah berada dipenghujung tahun. Saat ini adalah saat yang tepat untuk merenung akan aktivitas yang pernah kita lakukan satu tahun ke belakang, apakah aktivitas kita ini selaras dengan tujuan hidup kita jangka panjang atau malah kita mengisi tahun ini dengan kegiatan kosong tak bermanfaat bagi kehidupan kita di dunia dan di akhirat nanti.

Sebuah perenungan, biasanya dimulai dari self-question, yaitu pertanyaan kepada diri kita sendiri yang memerlukan jawaban yang jujur dan dalam.

Saya akan tuliskan contoh-contoh pertanyaan kepada diri sendiri yang memerlukan jawaban yang jujur dan dalam makna untuk perbaikan ke depannya.

Semoga dengan bertanya dalam hati dan menjawab dengan jujur, kita akan dapat melakukan perbaikan-perbaikan hal-hal yang kurang pada tahun ini, dan melakukan aktivitas yang lebih baik di tahun yang akan datang.

renungan akhir tahun


Di bawah ini adalah contoh self-question:


- Apakah saya sudah memperbaharui tujuan hidup bahwa hidup ini untuk beribadah kepada Allah, dan menggapai surga-Nya?


- Apakah dalam semua ibadah, niat saya sudah betul-betul ikhlas karena Allah?

- Apakah saya sudah mencontoh sang tauladan yaitu Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dalam beribadah?

- Sudah berapa banyak ilmu yang saya dapat sebagai bekal ke kampung akhirat?

- Dari ilmu yang sudah didapat, sudah berapa banyak yang saya amalkan?

- Dari ilmu yang didapat dan yang diamalkan, sudah berapa banyak yang sudah saya ajarkan kepada keluarga (istri/suami, anak-anak)?

- Sudah berapa kali khatam Al-Qur'an dalam tahun ini?

- Sudah berapa buku yang sudah saya baca dalam tahun ini?

- Sudahkah saya konsisten menghadiri majlis ilmu dan kajian rutin dalam tahun ini?

- Sudahkah saya mengajarkan ilmu (agama dan adab) kepada istri/suami dan anak-anak?

- Apakah nafkah yang saya berikan kepada keluarga sudah halal?

- Berapa ayat Al-Qur'an yang sudah saya hafal dalam tahun ini?

- Sudah berapa hadits yang saya hafal di tahun ini?

- Apakah sudah ada amalan (ibadah) andalan yang sudah konsisten dikerjakan setiap hari sebagai bekal menuju kampung akhirat?

- Sudahkah secara konsisten berbuat baik kepada tetangga?

- Sudahkah secara konsisten memakmurkan masjid dekat rumah?

- Sudahkah secara konsisten memberikan sedekah kepada yang membutuhkan?

- Sudahkah mengeluarkan zakat mal pada tahun ini?

- Sudahkah saya umrah tahun ini? Apakah saya sudah menunaikan ibadah haji? Apakah saya sudah mendaftarkan diri untuk berhaji?

- Apakah saya menyediakan waktu khusus bersama anak-anak secara konsisten pada tahun ini?

- Apakah saya ada hutang tahun ini? apakah saya sudah melunasinya?

- Apakah saya ada janji di tahun ini? apakah saya sudah menunaikannya?

- Apakah saya sudah konsisten melakukan dzikir pagi petang setiap hari di tahun ini?

- Sudahkah saya melakukan silaturahim kepada saudara dan kerabat?

- Sudahkah saya silaturahim dan berbuat baik kepada orang tua secara konsisten di tahun ini?

- Sudah berapa banyak kosakata bahasa Arab yang sudah saya hafal?

- Sudah berapa banyak keterampilan baru yang sudah didapat tahun ini?

- Sudah berapa tulisan bermanfaat yang sudah ditulis pada tahun ini?

- Sudah berapa karya yang dimanfaatkan oleh orang lain pada tahun ini?

- Sudahkah saya melakukan aktivitas yang selaras dengan tujuan saya atau saya malah melakukan aktivitas yang melenceng dari tujuan saya?

- Sudahkah saya mengajarkan dan menjadi contoh terhadap anak-anak saya tentang adab dan kebaikan?

- Sudahkah saya membuat rencana untuk tahun depan?

Itulah contoh-contoh pertanyaan pada diri sendiri untuk bahan muhasabah atau bahan renungan diri di penghujung tahun. Sebenarnya masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya, namun saya hanya menuliskan contoh-contoh di atas sebagai bahan inspirasi kepada sobat pembaca untuk self-question lainnya.

Baca informasi lainnya di blog kata-kata bermanfaat ini.

0 comments:

Post a Comment