Tulisan tips kuliah sukses sebelumnya adalah tips ke 5 yaitu melakukan self assessment untuk mengetahui posisi kamu sekarang.

Tulisan ini adalah lanjutan dari tips ke lima. Tulisan ini fokus pada cara mencapai tujuan kamu ketika kamu sudah mengetahui posisi kamu berada di mana sekarang.

Inti aktivitas untuk mencapai goal (tujuan) adalah aktivitas mengatur waktu (time management).


tips time management untuk mahasiswa


Tips time management untuk Mahasiswa


Ketika kamu sudah membaca tips ke enam ini berarti kamu sudah mempunyai goal.

Setelah mempunyai tujuan yang jelas, maka langkah selanjutnya adalah membuat rencana bagaimana dan apa langkah-langkah mencapai tujuan kamu tersebut.

Mahasiswa yang sukses kuliah dan lulus tepat waktu biasanya adalah mahasiswa yang mempunyai motivasi tinggi dan belajar serta mempraktekkan ilmu bagaimana cara untuk sukses. Ketika kamu sudah membaca tips enam ini berarti kamu sedang berusaha dan belajar bagaimana agar kuliah kamu sukses. Bagus, ini artinya kamu berada di jalur yang benar.

Time management sebenarnya adalah tentang mengatur diri kamu sendiri, intinya adalah mengetahui apa yang kamu inginkan, menentukan cara bagaimana kamu mencapai tujuan yang kamu inginkan, dan meraihnya dengan efisien dan efektif.

Tujuan dari time management adalah agar kamu bisa mengatur waktu, yaitu waktu untuk belajar dan waktu untuk aktivitas lainnya dan menikmati hidup kamu secara positif.


tips setting goal dan planning untuk mahasiswa agar sukses kuliah


Menentukan prioritas


Sebagian mahasiswa mempunyai goal (tujuan) yang jelas dan mempunyai planning dan mengeksekusi planning itu untuk meraih goalnya. Akan tetapi sebagian lain, mereka kuliah "go with the flow" , tidak ada tujuan yang jelas, tidak ada cara mencapai tujuan, pokoknya kuliah apa adanya saja.

Tujuan (goal)

Tujuan adalah hasil yang kamu inginkan untuk kita raih melalui aktivitas-aktivitas yang kita kerjakan.

Aktivitas-aktivitas yang kamu lakukan bisa mendekatkan kamu kepada tujuan atau juga bisa menjauhkan kamu kepada tujuan kamu.

Contohnya apa:

- Belajar sendiri, diskusi dengan teman, mengerjakan tugas, bertanya dengan dosen, dan aktivitas senada dengan itu akan mendekatkan kamu kepada tujuan kamu yaitu meraih kesuksesan dalam kuliah.

- Banyak tidur, banyak main dengan teman, malas mengulang pelajaran, jarang latihan, dan aktivitas yang senada dengan itu akan menjauhkan kamu kepada tujuan kamu yaitu kesuksesan dalam kuliah.

Kalau kamu sudah menentukan tujuan, kamu sudah merencanakan strategi untuk mencapai tujuan, melaksanakan rencana-rencana dalam strategi, dan kamu komitmen untuk melaksanakannya, maka hal ini adalah hal yang mendekatkan kamu pada tujuan.

Permasalahan


Akan tetapi ditengah perjalanan dalam mencapai tujuan, seringkali kita merasakan ada beberapa aktivitas yang waktunya bertabrakan.

Apakah kamu sering mengalaminya? Kamu bingung untuk menentukan aktivitas mana yang harus diselesaikan lebih dahulu karena kamu berpikir aktivitas-aktivitas tersebut sama-sama penting untuk diselesaikan.

Oleh karena itu saya akan mengenalkan tentang konsep prioritas.


Tips menentukan skala prioritas untuk mahasiswa


Untuk mengatasi masalah tersebut dan untuk mencegah agar tidak terjadi masalah di atas, maka kamu harus menyelaraskan goal/tujuan dengan aktivitas kamu. Ini adalah substansi dari menyusun skala prioritas.

Kamu harus mempunyai skala prioritas. Kamu harus tentukan urutan prioritas, dimulai dari mana-mana yang lebih penting yang akan mendekatkanmu menuju tujuan, yang kurang penting, dan mana-mana yang akan menjauhkanmu dari tujuan.

Inilah keterampilan hidup yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa jika ia ingin sukses kuliah. Menentukan skala prioritas dan mempunyai komitmen untuk menjalankannya adalah aktivitas-aktivitas untuk mendekatkan diri untuk mencapai tujuan.

Saya ulang kembali agar menjadi lebih jelas:

- Tentukan goal kamu, goal kamu harus: realistis (artinya sesuai dengan personal strength dan abilities yang kamu punya), spesifik (artinya tuliskan goal kamu dengan detail), mempunyai target waktu (time frame), benar-benar menanamkan motivasi dari diri kamu sendiri untuk sungguh-sungguh mencapainya.

- Buat rencana, strategi, jalan, dan aktivitas lain yang terkait untuk mencapai goal kamu.

- Setelah kamu tahu aktivitas-aktivitas apa yang harus dikerjakan untuk mendekatkan diri untuk mencapai tujuan, kamu harus berusaha untuk komitmen menjalankannya.

- List aktivitas-aktivitas di atas, dan buat skala prioritas. Urutkan mulai dari aktivitas yang paling penting. Ditandai dengan keselarasan dengan goal kamu, dan jika kamu mengerjakan aktivitas ini, akan mendekatkan kamu pada tujuan.

- Komitmen menjalankan poin di atas.


Jadi kesimpulannya, jika ada teman atau saudaramu mengajak kegiatan yang tidak terkait dengan goalmu, kamu bisa melihat apakah kegiatan ini bertabrakan dengan aktivitas yang prioritasnya tinggi untuk diselesaikan? Jika tidak, maka bisa saja kamu lakukan untuk life balance. Jika bertabrakan, maka kamu harus komitmen memilih untuk mengerjakan aktivitas yang memiliki prioritas tinggi tadi, dan berani mengatakan tidak (atau menolak secara halus) kepada teman yang mengajakmu.

Itulah substansi time management (pengaturan waktu) untuk mahasiswa agar ia dapat meraih kesuksesan dalam perkuliahannya.

Lanjutkan membaca tips sukses kuliah selanjutnya di blog ini.


=====================

Lihat tips mahasiswa sukses sebelumnya:

Tips 1

Tips 2

Tips 3

Tips 4

Tips 5


Baca tips selanjutnya - tips kuliah sukses ketujuh

0 comments:

Post a Comment