Tulisan ini adalah seri kelima dari serial tips sukses kuliah khusus untuk mahasiswa yang ingin sukses dalam belajarnya.

Kali ini yang dikupas adalah self assessment. Self-assessment adalah proses yang dilakukan seseorang untuk mengetahui segala aspek tentang dirinya.


self questions untuk mahasiswa agar kuliahnya sukses



Alat untuk mengetahui tentang posisi anda sedang berada dimana dan akan mau kemana serta cara untuk mencapainya adalah dengan pertanyaan-pertanyaan.

Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini adalah untuk mengetahui keadaan anda sekarang. Silakan jawab dengan jujur dan benar.

Jawabannya adalah iya, tidak, atau tidak tahu (pilih salah satu berdasarkan yang anda rasakan).

Inilah pertanyaannya untuk mengetahui "where are you now" :


1. Saya mempunyai goals (tujuan-tujuan) jangka pendek dan jangka panjang termasuk tujuan sukses dalam studi di kampus yang sekarang.
(iya, tidak, tidak tahu)

2. Saya sudah menentukan dan memiliki prioritas dalam hidup untuk memilih hal-hal yang lebih penting dari hal yang penting. Termasuk prioritas dalam studi di kampus, dan bisa mengatur waktu saya kuliah, di luar kampus, atau di kehidupan sosial.
(iya, tidak, tidak tahu)

3. Saya mempunyai tingkah-laku yang bagus untuk memperlancar mendapatkan kesuksesan kuliah saya.
(iya, tidak, tidak tahu).

4. Saya tahu bagaimana caranya untuk tetap fokus pada tujuan saya dan bisa membangkitkan motivasi dari dalam diri sendiri untuk mencapai tujuan saya.
(iya, tidak, tidak tahu)

5. Ketika saya menghadapi rintangan/hambatan/kesulitan, saya berusaha semaksimal mungkin memecahkan persoalan dengan efektif dan kemudian tetap maju ke depan mengarah ke tujuan.
(iya, tidak, tidak tahu)

6. Saya mempunyai tempat belajar yang menurut saya nyaman sehingga terhindar dari gangguan.
(iya, tidak, tidak tahu)

7. Saya tidak pernah mencoba gaya belajar yang lain selain yang sudah saya terapkan selama ini.
(iya, tidak, tidak tahu)

Mengenai gaya belajar, silakan baca di http://katakatamanfaat.blogspot.com/2017/11/kenali-dan-fokus-dengan-gaya-belajarmu.html

8. Saya mengetahui kapan waktunya saya bisa belajar dengan optimal dan saya menjadwalkan waktu belajar saya diwaktu tersebut.
(iya, tidak, tidak tahu).

9. Saya menggunakan aplikasi planner (Atau buku catatan agenda kegiatan) untuk menjadwalkan kapan belajar dan kapan mengerjakan hal lain agar waktu terorganisasi dengan baik.
(iya, tidak, tidak tahu)

10. Saya sering sukses untuk melawan tingkah laku yang buruk (yaitu procrastinate/kebiasan menunda) yaitu menunda untuk belajar, atau menunda hal prioritas yang harus dikerjakan atau diselesaikan. Saya juga seringnya sukses untuk tetap menjalankan aktivitas yang sudah saya jadwalkan walau ada gangguan dari luar.
(iya, tidak, tidak tahu).

10 Pertanyaan di atas adalah untuk mengetahui "Where Are You Now?" atau posisi anda sekarang.



mengetahui personality mahasiswa agar sukses kuliah




Kemudian ada pertanyaan lagi seperti pertanyaan di bawah ini untuk mengetahui "Where Do You Want to Go?" atau kemana anda mau pergi dengan kata lain kemana tujuan anda.

Terdapat skala jawaban dari angka 1 sampai angka 10. Dimana angka satu berarti "need to improve" atau perlu perbaikan dan angka 10 berarti "very successful" atau sangat berhasil. Intinya adalah angka satu adalah terburuk, dan angka 10 adalah terbaik.

Tulis jawaban anda berupa angka di atas, yaitu berapa anda menilai anda sendiri (rate yourself) apakah 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya sampai 10.

Dengan menjawab jujur sesuai dengan kondisi anda sekarang, maka anda akan mengetahui apakah anda bisa fokus dengan tujuan anda dan bisa mengatur waktu dengan baik.

Inilah pertanyaannya untuk mengetahui where do you want to go:


1. Merumuskan tujuan anda (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10)

2. Tetap fokus kepada tujuan anda walau ada hambatan dan godaan (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10)

3. Tetap konsisten melaksanakan hal yang sudah anda anggap prioritas tertinggi (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10)

4. Menjaga tingkah laku yang positif (positive attitude) (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10)

5. Mendapatkan motivasi dari dalam diri sendiri (motivasi intrinsik)   (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10)

6. Dapat melakukan hal untuk pencegahan masalah (tindakan preventif), dan juga dapat memecahkan masalah (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10)

7. Mempunyai tempat khusus untuk belajar (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10)

8. Dapat menjauhi gangguan dalam proses mengerjakan hal yang diprioritaskan contohnya belajar. Contohnya gangguan dari gadget seperti social media, whatsapp, chat, dll. (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10)

9. Dapat menjauhi gangguan dalam proses belajar terutama ganguan dari orang lain (kawan, dll) (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10)

10. Dapat mengorganisasikan waktu terutama ketika waktu belajar (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10)

11. Dapat melawan kebiasan menunda (procrastinate) dan melakukan hal prioritas yang sudah diagendakan (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10)

12. Dapat mengorganisasikan waktu, terutama waktu belajar (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10)

13. Biasa menggunakan to-do list untuk menjamin bahwa aktivitas yang sudah diagendakan terlaksana dengan baik (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10)

14. Dapat mengorganisasi waktu dengan baik, terutama dapat mencari waktu untuk melakukan sesuatu yang positif dan yang diinginkan (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10)


Itulah contoh self-questions yang digunakan untuk self-assessment. Dengan menganalisis jawaban anda, anda akan mengetahui bahwa anda berada di posisi mana sekarang dan anda akan kemana (apa tujuan anda, apa hal yang anda ingin perbaiki, dst).

Setelah anda mengetahui kedua hal di atas, maka pertanyaan lanjutan adalah "how to get there?" atau bagaimana untuk mencapai tujuan anda.

Cara atau langkah untuk mencapai tujuan anda akan saya kupas pada tulisan berikutnya. Jadi tetap baca dan silakan kembali ke blog ini untuk mengetahui tips sukses kuliah berikutnya.

Baca tips sukses kuliah keenam

0 comments:

Post a Comment