Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu penanganan apabila anak digigit kutu dan tungau

Kali ini saya membahas tentang ciri dan dampak bila anak digigit kepinding. Setelah itu saya juga menulis tentang bagaimana cara perawatan dan penanganan setelah digigit kepinding.


Apa itu kepinding?


Perawatan dan penanganan digigit kepinding - kutu busuk
Image source : https://www.healthyhorns.utexas.edu/HT/HT_bedbugs.html


Kepinding adalah kutu pengisap darah manusia. Kepinding berwarna coklat kemerahan. Hidupnya di sela-sela furniture seperti tempat tidur dan bangku, tikar, dipan, dan lainnya. Besarnya kurang lebih seperti biji apel.

Ada yang menyebut kepinding itu kutu busuk. Ada juga yang menamakannya bangsat.

Kepinding biasanya menggigit manusia, ketika manusia sedang tidur. Oleh karena itu, seseorang yang tidur dimana ada kepinding disitu maka bisa jadi ia digigit kepinding.

Bahasa Inggrisnya kepinding adalah bedbugs, dan nama latinnya Cimex rotundanus. 

Tidak seperti kutu atau tungau yang dibahas kemarin, kepinding tidak suka dengan daerah kotor dan debu. Dia lebih suka tempat yang hangat, darah manusia, dan yang banyak karbondioksida.


Sebenarnya kepinding atau kutu busuk ini tidak berbahaya hanya saja mengakibatkan rasa gatal atau menimbulkan reaksi alergi pada kulit manusia.


Dimana kepinding hidup?


Kepinding hidup di daerah dimana manusia tinggal dan tidur, yaitu:

- Rumah
- Apartemen
- Asrama
- Hotel
- Dan seterusnya

Karena biasa hidup bersama manusia di tempat yang sama, maka jika siang atau pada saat manusia tidak tidur, dia bersembunyi di:

- Matras
- Bawah ranjang/kasur
- Di balik tirai
- Furniture
- Tas koper
- Wallpaper
- Sela-sela buku/rak buku
- Lampu
- karpet atau permadani
- Outlet listrik

- dan seterusnya

Apa tanda-tanda bahwa di rumah anda ada kepinding?


- Jika anda melihat titik/noktah/kotoran hitam kecil disepanjang kasur/matras, furniture, atau baju. Titik hitam kecil ini adalah kotoran yang jatuh dari kepinding.

- Ada bercak darah yang sangat kecil, ini muncul karena bisa jadi ketika anda tertidur anggota tubuh anda menindih sehingga kepinding tertekan dan mati.


Apa ciri-ciri digigit kepinding?


Oleh karena kita tidak merasakan apa-apa ketika kepinding menggigit kita, maka ada dampak khusus yang merupakan ciri-ciri bahwa kita telah digigit kepinding, yaitu:

- Daerah yang digigit menjadi merah, dan pusatnya itu berwarna merah tua.

- Daerah yang digigit itu menjadi gatal.

- Anda akan melihat daerah gigitan seperti berupa garis lurus jika ada banyak kepinding yang menggigit anda.

Jika kondisi anda normal. maka biasanya reaksi tubuh setelah digigit kutu busuk ini adalah kulit kemerahan dan gatal-gatal.

Akan tetapi, jika terdapat alergi, biasanya selain gatal-gatal, bagian kulit yang digigit menjadi gelembung, lecet atau melepuh.

Itulah tanda-tanda dan akibat/dampaknya setelah digigit kepinding.

Bagaimana penanganan setelah digigit kepinding?


Biasanya kalau kondisi kita normal, gatal-gatal dan kulit kemerahan akan hilang sendirinya dalam waktu maksimal seminggu.

Yang menjadi perhatian adalah usahakan jangan digaruk secara kencang, itu akan membuat rusak kulit atau bisa mengakibatkan infeksi.


Di bawah ini langkah-langkah perawatan setelah digigit kepinding:


1. Ambil tiga sendok teh baking soda dan satu sendok teh air.

2. Setelah dicampur, gosok di tempat gigitan kepinding.

3. Kemudian ambil kain basah (atau es batu yang dibungkus oleh kain), letakkan kain tersebut di tempat gigitan kepinding.

4. Jika diperlukan konsumsi antihistamin hanya bagi yang alergi kulit/gatal-gatal.

5. Boleh juga ditambah dengan calamine, bedak atau lotion untuk gatal agar meringankan dan menghilangkan efek gatal setelah gigitan kepinding.


Langkah yang terbaik dari penanganan bedbugs atau kepinding adalah langkah preventif atau pencegahan, yaitu selalu membersihkan rumah kita dan segala pernak-perniknya.

Langkah pencegahannya adalah:


- Vacuum semuanya dengan menyeluruh dan hati-hati. Dalam arti buang tas/tempat kotoran hasil vacuum cleaner ini di tempatnya dan ditutup rapat agar hewan-hewan kecil seperti kecoa, kutu busuk, dan lain lain tidak keluar lagi.

- Cuci alas kasur, alas bantal, boneka, dan seterusnya dengan air hangat (kurang lebih pada suhu 49 derajat celcius) dan sabun cuci. Ini akan membuat telur-telur dan induknya mati.

- Jika anda masuk hotel/motel/asrama selalu cek alas kasur, ranjang, bangku, dan lain lain dari tanda-tanda adanya kepinding.

- Taruh tas atau koper di tempatnya jangan letakkan di bawah ranjang atau langsung di lantai.

- Taruh baju kotor di keranjang atau baju sebaiknya digantung, jangan taruh dilantai.

- Usahakan koper untuk travel, jika tidak dipakai, disimpan dan ditutup oleh plastik, agar kutu busuk tidak menyebar.

- Jika anda terpaksa menyimpang barang-barang di bawah ranjang, maka barang-barang tersebut dibungkus oleh plastik dan tertutup.


Itulah penanganan setelah digigit kepinding dan langkah preventif agar tidak tergigit kepinding. Semoga sharing ini bermanfaat bagi anda dan keluarga.


Sumber artikel:
https://www.healthyhorns.utexas.edu/HT/HT_bedbugs.html

0 comments:

Post a Comment