Sudah beberapa keterampilan belajar yang saya kupas pada tulisan sebelumnya, yaitu:

- Cara efektif mendengarkan guru yang mengajar 

- Cara mencatat yang efektif

- Cara membaca yang efektif agar memahami dan mengingat materi pelajaran

Kemudian saya akan tambah satu lagi informasi aktivitas belajar selanjutnya yaitu mengingat atau menghafal materi pelajaran.

Mengingat apa yang telah kamu baca


Sebagian besar pelajar dalam aktivitas membaca mendapati bahwa setelah ia membaca buku pelajaran, ia menyadari bahwa hanya sedikit ide pokok yang ia hafal dari proses membaca buku tersebut.

Mengingat dan mempertahankan ingatan informasi/ide pokok dari buku yang kamu baca perlu usaha dan latihan keras.

Kamu harus membaca aktif untuk memahami dan menghafal materi di buku, bukan hanya sekedar membaca kata demi kata sampai tamat.

Dalam proses membaca aktif, kamu harus melibatkan otak dalam membaca, seperti aktivitas berpikir, berusaha memahami konsep dasar materi pada setiap halaman, bertanya, mengaitkan informasi dengan informasi lain, memproses informasi tersebut agar menghasilkan rangkuman, dan seterusnya.

Saya telah membahas salah satu teknik membaca aktif, yaitu dengan teknik SQ3R, lihat pada artikel kemampuan membaca aktif yang harus dimiliki oleh pelajar.

http://katakatamanfaat.blogspot.com/2017/12/keterampilan-membaca-untuk-pelajar.html

Satu hal yang harus kamu ingat bahwa jika kamu telah melakukan aktivitas membaca aktif, contohnya dengan teknik SQ3R, itu saja belum cukup.

Ingat tulisan saya sebelumnya tentang memori di otak yang menyebutkan bahwa informasi yang kita terima (baik kita dengar ataupun kita baca) itu akan tersisa hanya 20% saja dalam 24 jam kedepan.

Agar memori masuk ke dalam long-term memory sehingga informasi dapat bertahan lebih lama, maka informasi tersebut harus direview atau diulang kembali.

Jadi mengimplementasikan teknik membaca aktif belum cukup, kamu harus melakukan satu aktivitas lagi yaitu membaca ulang.


Ada berbagai metode dalam membaca ulang, misalnya:


- Review sekilas dengan membaca hanya poin-poin penting di buku yang sudah kita tandai saja.

- Review dengan melihat poin penting dan mengaitkan poin tersebut dengan poin penting lainnya yang terdapat dalam buku tersebut.

- Menceritakan kembali isi buku tersebut dengan bahasa kamu.

- Mengulang membaca keseluruhan isi buku dari awal sampai akhir.

- dan seterusnya.



Hal yang harus dipraktekkan bagi pelajar dalam aktivitas menghafal



1. Baca kembali (mengulang pelajaran) setidaknya minimal lima kali pengulangan.


2. Langkah-langkah mengulang pelajaran, baik di buku catatan atau di textbook:

a. Pertama kali fokus kepada ide pokok secara general (major concepts)

b. Kemudian lanjutkan kepada subtopik, kaitkan ide pokok antar subtopik

c. Lalu baca ulang sub bagian atau isi detail dari catatan atau buku pelajaran.


3. Menggunakan berbagai teknik dalam menghafal.

Ada banyak teknik menghafal yang dapat membantu kamu menghafal suatu materi pelajaran, seperti:

- Akronim: singkatan yang berupa gabungan huruf (atau suku kata) yang dilafalkan sebagai kata yang wajar.


teknik menghafal yang mudah bagi pelajar adalah teknik akronim



Contoh:

Dalam menghafal Nabi yang ulul azmi, maka bisa dengan metode akronim, yaitu MINIM.

Kata minim ini terdiri dari huruf awal para rasul yang ulul azmi, yaitu:

M = Muhammad
I = Ibrahim
N = Nuh
I = Isa
M = Musa

- Mnemonic: adalah kumpulan kata yang dibangun dari huruf pertama kumpulan istilah yang ingin kamu hafal.

Contoh:
Unsur golongan I-A adalah: H, Li, Na, K, Rb, Cs, Fr

Untuk memudahkan mengingat daftar unsur di atas kamu dapat menggunakan metode mnemonic, yaitu merangkai sebuah kata seperti HerLina Kawin RoBin CemaS Frustasi

Kalau saya dahulu sewaktu belajar di sekolah menengah, nama teknik menghafal seperti di atas dinamakan dengan teknik jembatan keledai.

Saya tidak tahu mengapa teknik ini dinamakan jembatan keledai, yang penting saya merasa lebih mudah menghafal dan terbantu dengan teknik ini.


4. Teknik visualisasi/simbol/diagram/gambar

Contohnya adalah memetakan pokok pikiran dalam sebuah diagram. Penerapan dari teknik ini adalah dengan mind-mapping.

Misalnya adalah seperti gambar di bawah ini:


pelajar harus tahu mind mapping untuk paham dan hafal konsep materi



Itulah beberapa teknik menghafal pelajaran yang efektif dan mudah untuk diterapkan dalam aktivitas pembelajaran kamu.

Sekarang kamu sudah mengetahui ilmunya, oleh karena itu kamu harus mempraktekkannya.


0 comments:

Post a Comment