Biasanya mendekati bulan Ramadhan atau di dalam bulan puasa, anak-anak mengajukan pertanyaan seputar ibadah puasa. Maka tulisan dokumentasi yang disarikan dari buku tips menjawab pertanyaan anak ini dimaksudkan untuk menambah khasanah jawaban yang benar dan juga dapat memuaskan keingintahuan anak.


jawaban ketika anak bertanya kenapa kita wajib berpuasa




==Info tambahan dari Admin==
Anda dapat membaca tips menjawab pertanyaan anak lainnya di sini:
Anda dapat mengetahui kumpulan tips parenting Islami di sini:
==Info tambahan dari Admin==

Lanjut membaca ↓↓↓


Seringkali kita dengar atau kita jumpai sendiri anak-anak dengan tulusnya bertanya,"abi kenapa sih kita harus puasa, kan puasa itu bikin kita lapar dan haus?"


Mengapa Allah mewajibkan puasa padahal membuat kita lapar?


Inilah salah satu jawaban versi buku yang saya baca ini:

Anakku sayang, ibadah puasa banyak mengandung kebaikan dan hikmah, tidak mungkin Allah Yang Maha Penyayang hanya menginginkan kita lapar dan haus tanpa ada hikmah dibalik perintah puasa.

Duhai anakku yang salih, sesungguhnya maksud utama puasa bukanlah menahan lapar saja. Perintah berpuasa ini bukan berarti Allah Yang Maha Pengasih melarang kita menikmati kesenangan di dunia.

Orang yang beriman kepada Allah akan menerima dan mengamalkan dengan tulus dan ikhlas apa-apa yang diperintah Allah, dan akan menjauhi apa-apa yang dilarang Allah. Puasa adalah ibadah yang diperintahkan Allah, sebagai orang beriman maka kamu harus ikhlas mengerjakannya walaupun saat ini kamu tidak mengetahui hikmahnya. Hanya satu yang diharapkan oleh orang beriman dalam mengerjakan amalan yang diperintah Allah, yaitu ridha Allah.

Salah satu keutamaan  kita mengerjakan ibadah puasa di bulan ramadan karena iman dan ikhlas mengharapkan ganjaran dari Allah adalah bahwa dosa-dosa kita diampuni oleh Allah Ta'ala.

Kembali ke hikmah puasa. Sebenarnya banyak hikmah dalam melakukan ibadah puasa. Hikmah tersebut kadang ditangkap dan dirasakan oleh kita, kadang pula kita tidak mengetahui apa sebenarnya hikmahnya. Walaupun kita tidak mengetahui hikmah dari sebuah perintah atau larangan, sebagai mukmin sejati kita harus patuh ikhlas karena Allah dan mengharapkan ganjaran terbaik dari Allah dan surga-Nya.

Abi akan ceritakan secuil saja hikmah puasa yang dapat dirasakan di dunia. Begini, dunia ilmu pengetahuan semakin berkembang, begitu pula di dunia ilmu kesehatan.

Pertama-tama marilah kita bayangkan bagaimana lambung kita bekerja terus menerus setiap hari sepanjang tahun. Tentu organ tubuh ini bekerja berat sepanjang tahun. Nah, dengan berpuasa, maka organ tubuh ini dapat beristirahat sejenak, untuk kemudian bekerja lagi normal seperti biasa.

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang pola makan kita tidak beraturan, setiap saat bisa saja kita makan dan minum. Dengan berpuasa, kita dapat mengatur konsumsi makan dan minum.

Selain berfungsi untuk mengistirahatkan kerja lambung, puasa juga merupakan sebuah pendidikan rohani. Dengan melakukan puasa sebulan penuh, maka kita dapat merasakan penderitaan orang fakir dan miskin yang kelaparan dikesehariannya. Kita akan merasakan betapa beratnya mereka menahan lapar dan haus akibat kurangnya persediaan makanan di rumah mereka.


keutamaan puasa : berlatih menolong sesama



Dengan tumbuh suburnya rohani kita, maka tumbuh pula kepedulian kita terhadap sesama terutama dari kalangan yang tidak mampu. Coba bayangkan, jika kita tidak berpuasa, bagaimana kita tahu dan merasakan kelaparan?

Justru dengan berpuasa, kita dilatih untuk menahan beratnya kehidupan yang kita jalani, salah satunya rasa lapar. Ada satu ibadah yang namanya sabar, dan ganjaran sabar itu sangat besar. Dengan berpuasa, kita dilatih untuk bersabar.

Hidup di dunia ini, tidak mungkin kita selamanya berada dalam kondisi senang terus menerus, suatu saat pasti kita mengalami hal yang berat, dengan kesabaran yang dilatih saat melakukan puasa, kita diharapkan mampu menjalani hidup di atas semua keadaan.

Keutamaan puasa lainnya, selain diampuni dosa, orang yang berpuasa dengan ikhlas dan dalam keadaan iman serta mengharapkan pahala, akan dijauhkan dari api neraka.

Ditambah lagi, di surga ada pintu yang bernama ar-Rayyan. Pintu ini tidak dimasuki kecuali oleh orang yang ahli puasa karena Allah.

Dengan segala hikmah dan keutamaan yang didapat di dunia dan di akhirat, maka in syaa Allah rasa lapar tidak lagi menjadi penghalang kamu untuk berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan.

0 comments:

Post a Comment