Sobat punya masalah yang terkait dengan motivasi belajar? Saya bertanya ini karena ada cerita yang ingin saya sharing kepada sobat. Tulisan seputar motivasi belajar siswa. Langsung aja ya sob.

Saya punya keponakan, namanya Wati (bukan nama sebenarnya). Wati ini punya beberapa teman yang kebetulan saya kenal. 

Ada hal yang sama yang saya temukan pada diri mereka, yaitu sama-sama mempunyai nilai rapot yang kurang bagus (saya kurang enak untuk menyebutnya “jelek”).

tips meningkatkan motivasi belajar


Setelah saya selidiki (ala detektif partikelir), ternyata latar belakang mereka berbeda. 

Ada yang dari keluarga yang kurang harmonis (anak tidak mendapat perhatian yang cukup) yang membuat ia malas belajar. 

Ada juga yang mendapat masalah pada kesehatannya, sehingga ia sering tidak masuk kelas namun ia malas untuk mengejar ketertinggalannya dalam pelajaran. 

Ada juga karena faktor ekonomi, yang membuat ia kesulitan untuk membeli buku-buku pelajaran namun malas meminjam buku temannya untuk belajar.

Saya menarik benang merah dari berbagai penyebab dan latar belakang mereka mengapa mereka mendapati nilai rapotnya kurang bagus (baca: di bawah rata-rata kelas). Apa itu? Yaitu kemalasan. Malas dalam belajar.

Menurut saya, kemalasan ini ada pada diri mereka karena kurangnya motivasi belajar pada diri mereka. Terutama motivasi intrinsik (motivasi yang bersumber dari dalam diri mereka sendiri).

Jika motivasi ini ada di dalam diri mereka, mereka akan menjadi manusia tangguh dan rajin belajar walau kesulitan menyapa. 

Mereka akan ingat, pada hakikatnya mereka adalah pelajar dan tugas utama mereka adalah belajar. 

Salah satu dari sekian banyak indikator keberhasilan belajar adalah rapot, sehingga sobat akan temui bahwa antara motivasi dan nilai rapot adalah berbanding lurus. 

Dengan kata lain jika motivasi tinggi maka nilai rapot juga akan tinggi.

Nah, tentu sobat bertanya-tanya bagaimana sih cara untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa? 

Saya sebagai sobat Anda semua akan sharing cara untuk meningkatkan motivasi dan meningkatkan kemauan untuk belajar. Diharapkan sobat semua terutama pelajar akan mempunyai motivasi tinggi untuk rajin belajar setelah membaca dan melaksanakan tips untuk meningkatkan motivasi belajar ini.

Tips untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar


1. Dorongan eksternal (motivasi eksternal)

Ini adalah motivasi yang tingkatannya di bawah motivasi internal. Walau demikian, hal ini juga perlu sebagai pelengkap dan pengingat.

Tulis di kertas tentang hukum kausalitas yang terkait dengan belajar, contohnya:

a. Jika tidak belajar, aku akan mendapatkan nilai rendah.

b. Jika belajar, aku mengerti dan hafal materi pembelajaran sehingga nilaiku akan tingi.

c. Jika nilai rapotku tinggi, aku akan dapat beasiswa dan bisa membahagiakan orang-tua.

d. Jika nilaiku rendah, orang-tuaku akan kecewa.

Dan seterusnya. Sobat bisa menulisnya di buku khusus, contohnya di Buku tulis (notebook) Aestethic ukuran A5

Baca tulisan di atas setiap malas melanda sebagai pengingat. 


2. Tetapkan tujuan

Tulis tujuan sobat apa sebenarnya yang mau sobat capai dengan nilai yang bagus. 

Biasanya motivasi eksternal naik jika sobat menuliskan tujuan jangka pendek dan sebaliknya motivasi internal naik dan akan tetap tinggi jika sobat telah menemukan dan menuliskan tujuan jangka panjang.

Contoh tujuan jangka pendek: mendapat nilai 100 pada ulangan harian pekan depan, meraih peringkat ketiga pada pembagian rapot semester ini, dan seterusnya.

Contoh tujuan jangka panjang:

Sebelum memberikan contoh tujuan jangka panjang, biarkan saya jelaskan dahulu kepada sobat sekalian tentang roadmap (peta perjalanan hidup) sobat. Sebab tujuan jangka panjang ini terkait erat sekali dengan roadmap ini.

Begini, jika sobat masih di SMP (sekolah menengah pertama), dan setelah melakukan perenungan panjang sobat telah menemukan roadmap yang jelas, maka tulislah dan gambarlah roadmap sobat di kertas dan tempelkan pada dinding kamar.

Atau bisa juga ditulis di buku khusus seperti Buku planner estetik, daily annual planner book.

Contohnya sobat mau jadi network engineer dan bekerja di luar negeri. Roadmap nya adalah sebagai berikut:

a. Untuk menjadi network engineer, maka kuliah di jurusan Teknik terutama IT (bisa juga jurusan yang lain). Misalnya: kuliah di ITB.

b. Untuk kuliah di ITB, maka harus sekolah di SMA favorit yang lulusannya langganan (banyak) yang diterima ITB. Misalnya: SMAN 8 Jakarta, SMAN 1 Bogor. SMAN 3 Bandung, dll (ini data waktu saya SMA loh… saya kan angkatan tua, jadi mungkin saja ada perubahan data.. hehehe)

c. Untuk masuk ke SMAN di atas, nilai Ujian Nasional dan rapotnya harus tinggi.

d. Agar tinggi nilai rapot, nilai ulangan harian, UTS, UAS, dan ujian praktek harus tinggi.

e. Agar nilai Ujian nasional tinggi, harus banyak latihan soal.

f. Untuk itu semua, maka setiap hari harus belajar. Kegiatan belajar ini terbagi menjadi dua bagian, belajar hal yang baru (yang akan dipelajari) dan mengulang pelajaran yang telah didapat.

g. Untuk mendapatkan point f, maka setiap hari harus mengalokasikan waktu untuk melakukan aktivitas belajar.


Seperti yang sudah-sudah, jika sobat sudah menggambarkan roadmap sobat dengan jelas dan rinci dan menempelkannya pada dinding kamar sehingga sobat dapat melihatnya setiap hari, maka motivasi intrinsik/internal atau motivasi yang tumbuh dari dalam diri sendiri akan tumbuh dan terjaga. 

Motivasi inilah yang kata orang barat istilahkan long term motivation. Jangka panjang dan akan tetap ada di dalam diri sobat.


3. Cari lingkungan yang mendukung tujuan

Orang yang mempunyai motivasi yang kuat, terkadang motivasinya melemah disebabkan tinggal atau bergaul dengan lingkungan yang salah.

Jika sobat mendapat peringkat yang berada di bawah, maka jadikanlah karib orang yang mempunyai peringkat yang tinggi dan yang mempunyai motivasi tinggi dalam belajar.

Tentang poin ketiga, ini bukanlah sobat tidak boleh berteman dengan orang yang sama-sama di bawah, dan hanya berteman dengan orang pintar saja. 

Bukan itu maksudnya, maksudnya adalah tetaplah berteman, menyapa, bergaul dengan mereka, namun yang sobat jadikan karib (maksudnya kawan dekat) adalah orang yang mempunyai motivasi tinggi tadi.

Kesimpulannya, dengan siapa saja boleh berteman, namun hanya orang-orang terpilihlah yang sobat harus jadikan karib (sahabat), terutama karib yang satu visi dan misi alias satu tujuan.

Pengalaman saya ketika di SMA dulu, kelompok kami saling mengirimkan sms nasehat tentang kebaikan. Jika ada salah satu dari kami yang tidak beraktivitas positif di sekolah, pastilah ada karib yang mengingatkan dan mengajak kepada kegiatan yang bermanfaat.

Jadi sobat sudah mengerti kan?


4. Berdoa

Tips nomor empat ini adalah tips pamungkas dan tips terpenting. Mengapa? Karena manusia adalah makhluk yang lemah. Suka berbolak-balik kecuali orang yang mendapat taufiq dari Allah. Allah Maha Kuat.

Oleh karena itu, kita meminta kekuatan untuk tetap dalam semangat yang tinggi dalam belajar, meminta hanya kepada Allah.


Sobat, itulah 4 tips dari saya bagaimana menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar beserta contohnya pada keseharian sobat. 


Summary tips dalam gambar (infografik tips buang kemalasan dan bangun motivasi belajar)


4 tips menjauhkan kemalasan meningkatkan motivasi rajin belajar



Sekarang sobat sudah tahu tipsnya. Dan sebaik-baik orang yang belajar adalah orang yang mengamalkan ilmunya. Semoga sobat dapat mempraktekkannya.

Saya ingatkan lagi ya sobat, agar rajin belajar dan berprestasi tinggi di sekolah, sobat dapat melaksanakan tips ini: berdoa kepada Allah, tulis hukum sebab akibat (kausalitas) untuk memperkuat motivasi eksternal dan internal, tetapkan tujuan, dan cari lingkungan yang mendukung serta berinteraksilah di sana.

Selamat mempraktekkan tips ini ya sobat, jangan lupa kunjungi blog katakatamanfaat secara berkala untuk mendapatkan tips lainnya. 

Jika sekiranya sobat merasa terinspirasi dengan tulisan ini, silakan share tips ini kepada karib atau orang yang sobat cintai sehingga sobat bersama mereka sama-sama berjalan menuju kebaikan.

Semoga tulisan ini bermanfaat sebagai motivasi untuk pelajar malas agar dapat mengatasi sikap malasnya. 


==============

Rekomendasi bacaan sebagai tambahan materi dan pelengkap ilmu:

Keutamaan menuntut ilmu

Nasihat untuk anak agar ia rajin belajar

Teknik menghafal pelajaran yang efektif

Menanamkan kebiasaan menuntut ilmu kepada anak


0 comments:

Post a Comment