Sebentar lagi bulan Ramadhan, bulan dimana umat muslim melakukan ibadah puasa. Atmosfer ramadhan telah terasa saat ini. Bahkan tingkat religiusitas masyarakat terasa meningkat.

Percakapan dan tanya jawab antara orang-tua dan anaknya juga kebanyakan disekitar ibadah puasa, shalat, sedekah, dan seterusnya.

Salah satunya adalah tanya jawab ini yang saya dokumentasikan pada blog ini.

Ada seorang anak yang bertanya, "ummi, mengapa setiap kali hendak shalat kita harus berwudhu dulu, padahal badan kita dalam keadaan bersih?".

Ketika kita ditanya anak-anak kita pertanyaan seperti itu, in syaa Allah kita akan dapat menjawabnya.

Mungkin saja setiap ayah atau ibu mempunyai jawaban yang beragam. Tulisan ini dimaksudkan untuk menambah amunisi jawaban para orang-tua sehingga jawabannya dapat memuaskan keingintahuan anak dan si anak mendapat jawaban yang benar dan tepat.


jawaban pertanyaan kenapa harus berwudhu sebelum kita shalat


Inilah Jawabannya versi buku "Tips Menjawab Pertanyaan Anak"


Anakku, sebagai muslim, kita diperintah Allah melalui lisan rasul-Nya untuk menjaga kebersihan, baik lingkungan, pakaian maupun badan kita.

Namun ada perbedaan antara wudhu dengan membersihkan anggota badan semisal mandi atau menyiram air dengan sabun.

Wudhu adalah satu kewajiban yang diperintahkan Allah Ta'ala untuk dilaksanakan kaum muslimin. Tata caranya pun juga khusus, tata cara berwudhu ini nabi kita shallallahu 'alaihi wa sallam telah ajarkan dan kita harus mengikuti contoh beliau.

Wudhu itu selain membersihkan anggota badan, juga mensucikan kita dari hadats. Oleh karena itu, shalat kita tidak sah kalau kita tidak berwudhu.

Wudhu adalah termasuk ibadah. Maka diperlukan niat dalam mengerjakan ibadah tersebut.

Dengan demikian, jika kamu mandi dengan air dan sabun hingga membersihkan semua anggota tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki, namun kamu tidak berniat wudhu, maka ia tidak dianggap melaksanakan wudhu. Tubuhmu memang bersih, namun kamu membersihkannya bukan berniat untuk melaksanakan wudhu dan shalat, membersihkannya juga tidak dengan cara yang diajarkan Nabi, maka ini tidak terhitung wudhu.

Oleh karena wudhu adalah ibadah, maka tata cara dan keutamaan wudhu telah dijelaskan di dalam Al-Quran dan Hadits Nabi. Wudhu tidak hanya sekedar membersihkan anggota badan, lebih dari itu wudhu juga akan menghapus dosa-dosa yang telah ia kerjakan.

Kesimpulan:

- Berwudhu adalah ibadah.

- Shalat tidak sah tanpa berwudhu.

- Berwudhu ada tata-caranya, kita harus mencontoh cara berwudhu yang diajarkan nabi.

- Kita harus berniat ikhlas dan mensucikan hadats ketika mau berwudhu.

- Salah satu keutamaan wudhu: dapat menghapus dosa-dosa kita.


Semoga menjadi jelas bagimu nak. Sekarang kamu tahu, sebelum shalat maka kamu harus berwudhu. Nah, jika ada temanmu yang bertanya mengenai hal ini, maka kamu akan bisa menjelaskannya ya.


Sumber:
Buku Tips Menjawab Pertanyaan Anak - Pustaka Al Kautsar.

0 comments:

Post a Comment