Saat ini telah menjamur kedai-kedai kopi, dari kelas tradisional sampai kelas premium di mall bergengsi. Menjamurnya coffee shop ini disebabkan karena makin digemarinya kopi bagi semua kalangan. Minum kopi sekarang sudah sangat umum di masyarakat Indonesia bahkan di dunia pada umumnya.

Kandungan zat di dalam kopi


Kopi mengandung kafein. Kafein merupakan senyawa kimia alkaloid (trimetilsantin).
Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1 sampai 1,5%.
Dalam tubuh manusia, kafein ini dapat memacu hormon adrenalin.


Manfaat kopi


Telah disinggung di atas bahwa kafein yang terkandung di dalam kopi bisa memacu hormon adrenalin.

Di dalam dunia medis, kafein juga digunakan sebagai perangsang kerja jantung. Kafein juga bisa meningkatkan produksi urin.

Dalam dosis rendah, kafein ini bermanfaat bagi tubuh yaitu sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.


salah satu manfaat kafein dalam kopi untuk penghilang rasa sakit
Salah satu obat penghilang rasa sakit yang ada di pasaran: Paracetamol dan Kafein



Mekanisme kafein sebagai penghilang rasa sakit adalah: ia bisa menyaingi fungsi adenosin, yaitu senyawa yang ada dalam sel otak yang dapat membuat orang cepat tertidur.

Kafein itu tidak memperlambat gerak sel tubuh, justru membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak mengantuk, dan muncul perasaan segar, mata terbuka lebar. Namun menjadikan jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.


Bahaya kopi


Setelah mengetahui manfaat kopi di atas, maka kita akan menggali bahayanya.

Salah satu efek negatif kopi adalah efek ketergantungan.

Sebuah penelitian pada tahun 2002 yang terdapat dalam Journal of Neurology mengambil kesimpulan bahwa minum kopi dalam dosis yang tinggi (lebih dari lima gelas) perhari akan meningkatkan risiko kerusakan dinding pembuluh darah, sehingga bisa meningkatkan risiko serangan stroke.

Wanita hamil disarankan tidak mengkonsumsi kafein karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Kemudian pada janin bisa menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin, sampai bisa menimbulkan keguguran pada wanita hamil.


Penutup


Setelah membaca artikel ini, maka kita telah mengetahui zat apa saja yang terdapat pada kopi, mekanisme kafein bekerja pada tubuh, manfaat kopi bagi tubuh, bahaya kopi jika dikonsumi dalam dosis yang tinggi perhari.


Bacaan pelengkap pengetahuan tentang kopi


Belajar mengenal kopi dan istilahnya 
Sejarah kopi


Sumber artikel ini:


http://repositori.kemdikbud.go.id/198/1/BIPA%20C1%20PPSDK.pdf




0 comments:

Post a Comment