Tips menjawab pertanyaan anak. Ini adalah sebuah judul buku. Buku ini adalah sebuah buku yang menurut saya wajib dibaca para orang-tua agar mempunyai wawasan untuk dapat menjawab pertanyaan anak-anak yang kadang pertanyaannya tak terduga.

Kali ini saya catat ulang di blog ini mengenai tips menjawab pertanyaan anak,"mama/ummi dari mana sih datangnya adik kecil yang baru lahir?"




Ayah bunda dapat membaca tulisan yang saya ambil dari buku ini agar dapat menjawab pertanyaan di atas dengan baik dan benar. 

Jawaban:

Adik kecil lahir ke dunia sebagaimana dahulu ayah, ibu, dan kamu lahir. Setiap orang lahir dari rahim ibu. Bukankah kamu pernah melihat perut ibumu membesar, dan ketika adikmu lahir, perut ibumu kembali normal seperti biasa.

Saat di dalam perut ibu, bayi mengalami proses pertumbuhan. Awalnya, bayi atau yang biasa disebut janin sangat kecil, kemudian lama-kelamaan membesar. Ketika janin yang di dalam rahim ibu membesar, kamu akan melihat perut ibu juga membesar. 

Janin makan melalui ibunya. Allah Ta'ala memberikan kemampuan kepada ibu untuk memberi makan anak yang ada dalam rahimnya. Setelah sempurna perkembangannya, maka ia menjadi seorang bayi yang siap keluar dari perut ibunya. Kira-kira setelah 9 bulan di dalam perut ibunya, maka bayi mungil tersebut siap untuk keluar dari perut ibunya. 

Pada saat itulah  Allah Ta'ala memerintahkan sang bayi untuk keluar dari rahim sang ibu. Kelahiran sang bayi inilah yang sangat ditunggu oleh ayah, ibu, dan kakaknya yang lebih dulu lahir ke dunia. 

Ayo kita sama-sama buka Al-Qur'an surat An-Najm ayat 32, ada potongan ayatnya yang artinya kurang lebih sebagai berikut:

"Dan Allah lebih mengetahui tentang keadaanmu ketika Dia menjadikanmu dari tanah dan ketika kamu masih janin dalam perut ibumu"

Nah, sekarang jelaskan darimana datangnya adik kecil yang baru lahir? Iya, betul. Nanti kalau ada temanmu atau nanti adikmu bertanya tentang hal ini, kamu bisa menjawabnya. 


================== akhir jawaban/dialog===================

Itulah kira-kira jawaban yang berupa dialog dengan sikecil bilamana ia bertanya mengenai asal adik kecil yang baru lahir. Semoga dapat menjadi tambahan ide dan wawasan ayah bunda sekalian untuk menjawab pertanyaan anak.

Ditulis dan diedit dari buku : 
Judul : Tips menjawab pertanyaan anak
Penulis: Syaikh Adil Fahmi 
Penerbit : Pustaka Al-Kautsar

============

Tulisan terkait :
- Tips bagaimana cara agar anak tidak gampang sakit?

0 comments:

Post a Comment