Copas dari Group WA ملتقى الدعاة الى الله
Repost: WA Dakwah Jalyat Unaiza_Indo
Copas dan sedikit edit : katakatamanfaat.blogspot.com

===========================================
mulai copas

قال ابن عباس في قوله(ويدرءون بالحسنة السيئة):هو الرجل يسب الرجل فيقول الآخر: إن كنت صادقا فغفر الله لي، وإن كنت كاذبا فغفر الله لك

القرطبي
محمد صالح المنجد

Ibnu abbas berkata dalam menafsirkan ayat : Mereka itu diberi pahala dua kali disebabkan kesabaran mereka, dan mereka menolak kejahatan dengan kebaikan (alqashshash: 54)

Maksudnya adalah : seseorang mencela temannya, kemudian yang dicela membalas dengan ucapan “jika engkau benar semoga Allah mengampuniku dan jika engkau salah semoga Allah mengampuni anda”

Demikian,  wabillahi at-taufiiq

akhir copas
===========================================


motivasi untuk bersabar ketika menolak kejahatan



Dari pelajaran di atas, kita dapat ajarkan kepada anak-anak kita tentang menghadapi si pem-bully yg suka mencela.

Contohnya dengan memberi nasehat kepada anak-anak:

Anakku, inilah contoh menghadapi temanmu yang suka mencelamu ( si pembully ).
Jika ada temanmu yang suka mencelamu, umpamanya: “dasar kamu curang”, “dasar tukang boong’, dan yang semisalnya, jangan balas dengan mencelanya.
Akan tetapi, bersabarlah….. jangan balas celaan dengan celaan…
Dan akan lebih baik lagi balas ejekan temanmu dengan perkataan seperti contoh di atas “jika perkataanmu benar semoga Allah mengampuniku, jika perkataanmu salah semoga Allah mengampunimu” …. atau dengan perkataan yang semisalnya.

Semoga dengan sikap mulia seperti di atas, lama-lama si pembully bosan dan justru simpati terhadap kita dan berubah menjadi lebih baik.

Summary


Walaupun banyak cara merespon si pembully seperti: mendoakan dia hidayah, melaporkan dia ke guru, dan seterusnya,  ini adalah salah satu cara yang penting kita ajarkan kepada anak-anak untuk mereka amalkan.

0 comments:

Post a Comment