Tulisan ini masih terkait erat dengan tulisan menulis daftar pustaka yang benar. Pada tulisan tersebut saya menguraikan contoh dan template penulisan daftar pustaka. Pada tulisan ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana membuat daftar pustaka atau bibliografi secara otomatis dengan menggunakan software LibreOffice (versi terbaru dari Openoffice).

Artikel ini cocok untuk Anda pengguna LibreOffice yang sekarang sedang dalam tahap penulisan tugas akhir, makalah, atau skripsi. Dan Anda mencari informasi tentang ini, sehingga bertemu dengan blog saya ini.

Tapi sebenarnya bagi pengguna Microsoft Office, tulisan ini juga bisa dibaca sekedar menambah wawasan pengetahuan. Mungkin saja Anda akan menggunakan LibreOffice dikemudian hari. Tak menutup kemungkinan loh, sebab perusahaan tempat dahulu saya bekerja mengganti Microsoft Office ke OpenOffice (sekarang LibreOffice) dalam rangka mengurangi pengeluaran. Alasan utamanya, LibreOffice gratis sehingga tidak mengeluarkan uang untuk membeli lisensi.

Kembali ke topik awal, setelah mengenal LibreOffice saya jadi pengguna aktif software ini. Mulai dari calc, impress, dan writer. Calc saya gunakan sebagai pengganti Microsoft Excel. Impress saya pakai untuk menggantikan Microsoft Powerpoint. Terakhir, Writer saya gunakan untuk mengambil-alih tugas Microsoft Word.

Mengapa saya menggunakan LibreOffice?


Oleh karena saya pengguna LibreOffice, maka saya membuat tutorial bagaimana membuat bibliografi menggunakan LibreOffice ini.

Sekarang pertanyaannya, “Mengapa saya menggunakan LibreOffice?”

Jawaban yang pertama dan yang utama adalah free alias gratis. Jawaban pertama inilah yang mendasari alasan-alasan selanjutnya karena memang jawaban berikutnya terkait erat dengan hal ini.

Kedua, saya terbebas dari membajak software. Karena LibreOffice ini mempunyai semangat yang open. Semuanya bebas menggunakan secara gratis.

Ketiga, karena terbebas dari membajak software, ini membuat saya menjadi tenang dalam menggunakannya.

Keempat, karena sifatnya yang open source, maka terdapat sebuah komunitas yang saling mendukung sehingga jika pengguna kesulitan dalam berinteraksi dengan LibreOffice maka bisa bertanya dan berdiskusi di forum.

Dan terakhir, fasilitas (seperti extension, plugin), features, dan update dapat bersaing dengan software berbayar. Fitur yang terdapat di Microsoft Office dengan mudah saya temui di LibreOffice.



Berkenalan dengan LibreOffice


Bagian ini dikhususkan untuk pengguna yang baru kenal dengan spreadsheet ini sehingga nantinya dapat menggunakan dengan baik.

Bagi pengguna LibreOffice, Anda dapat melompati bagian ini dan dapat membaca bagian berikutnya.

Alamat mendownload software LibreOffice

Anda dapat download program ini pada alamat ini https://www.libreoffice.org/

Ukuran file installer sekitar 230 MB. Jadi Anda perlu mengatur siasat agar dapat mendownload dengan sempurna, misalnya memakai software downloader yang dapat melakukan resume jika download terhenti sehingga Anda dapat mendownload pada tengah malam dan biarkan ia bekerja untuk kemudian Anda tinggal memeriksanya keesokan paginya.

Jika telah mendowload dengan sempurna, Anda dapat menginstal software ini. Pada tulisan ini saya tidak membahas tata cara penginstalasian software ini, karena pokok bahasan tulisan ini adalah menggunakan salah satu fitur dari LibreOffice untuk membuat bibliografi atau daftar pustaka secara otomatis.

Mempelajari LibreOffice secara mandiri (self-study)


Bagi Anda yang terbiasa belajar secara otodidak, maka program aplikasi ini cocok untuk Anda.

Anda dapat melihat dokumentasi program ini untuk membaca user guide di https://www.libreoffice.org/get-help/documentation/

Selain itu Anda dapat bertanya-tanya dan berdiskusi mengenai hal yang berkaitan dengan LibreOffice di https://www.libreoffice.org/get-help/community-support/

Ohya, ada yang terlewat, Anda dapat melihat online help di https://help.libreoffice.org/Main_Page


Paket Aplikasi LibreOffice (Office suite)


LibreOffice terdiri dari paket aplikasi yang terdiri dari: Writer, Calc, Impress, Draw, dan Database.

Fungsi dan kegunaan dari masing-masing aplikasi telah saya jelaskan di atas. Atau Anda dapat melihat dokumentasi dan bantuan online pada alamat yang sudah saya berikan di atas.


Cara membuat daftar pustaka otomatis di LibreOffice


Akhirnya, kita sampai kepada pembahasan inti tulisan ini yaitu menggunakan fitur bibliografi pada LibreOffice untuk membuat daftar pustaka secara otomatis.

Disini saya akan menjelaskan step by step mulai dari awal membuat database pada bibliografi database, melakukan insert content database itu pada dokumen, sampai pada menampilkan daftar pustaka itu di halaman akhir khusus daftar pustaka.

Sekarang kita mulai.

Mengisi record baru melalui database bibliografi


1. Klik Tools

2. Klik Bibliography Database

3. Isi record terbaru pada form dengan mengisi field yang diperlukan, yaitu:

a. Short name

b. Author

c. Publisher

d. Type

e. Title

f. Year


Langsung saja, saya memberikan contoh dalam mengisi record baru adalah sebagai berikut:


Short name = 1

Author = Rose, Colin

Publisher = Judy Piatkus

Type = Book

Title = Accelerated Learning for 21th Century

Year = 1997


Keterangan:

Buku ini adalah buku yang ada di perpustakaan pribadi saya, dan saya gunakan sebagai contoh dalam tulisan ini. Buku ini akan dijadikan sebagai sumber rujukan atau daftar pustaka atau jika mengambil istilah di LibreOffice adalah Bibliography.

Ohya, untuk mengisi record baru, Anda harus pergi ke record paling terakhir. Lalu klik record sesudahnya, setelah itu pergi ke form di bawahnya untuk pengisian field-field yang telah saya sebutkan di atas. Atau klik Insert pada menu di atas, dan kemudian klik record.

Kemudian klik kanan pada record terakhir, dan klik save record.

Jika sudah selesai Anda akan melihat bahwa record baru sudah ada di database bibliography dan nanti akan dapat dipakai untuk halaman daftar pustaka.

Lihat gambar di bawah untuk lebih jelas mengenai pengisian database bibliografi.





Mengisi record baru langsung pada dokumen



Selain dengan cara di atas, Anda juga dapat mengisi database baru dengan cara seperti di bawah ini.

1. Klik insert

2. Klik Indexes and Tables

3. Klik Bibliography Entry

4. Pilih radio button From document content

5. Klik New

Setelah mengklik, window yang berupa daftar field yang akan diinput akan muncul. Anda dapat mengisinya sesuai dengan kebutuhan.

6. Klik OK

Jendela entry akan hilang dan muncul jendela sebelumnya.

7. Kemudian klik insert.

Gambar di bawah menjelaskan langkah untuk memasukkan index dari list daftar pustaka (sumber rujukan karya ilmiah Anda) langsung pada dokumen.


cara insert data pada pembuatan daftar pustaka otomatis di libreoffice


Gambar di bawah menjelaskan langkah untuk memasukkan index dari list daftar pustaka (sumber rujukan karya ilmiah Anda) dari database bibliografi (data yang sudah kita input sebelumnya).


langkah insert indeks dokumen dari database bibliografi pada libreoffice




Insert data bibliografi yang sudah diinput ke halaman daftar pustaka


Sekarang adalah saatnya saya mendemonstrasikan pembuatan halaman daftar pustaka. Adapun langah-langkahnya adalah seperti yang saya lakukan di bawah ini:

1. Klik Insert

2. Letakkan kursor di akhir kalimat, kalimat yang mana Anda mengutip kalimat tersebut dari buku.

3. Klik Indexes and Tables

4. Klik Bibliography Entry

5. Pilih From Bibliography Database

Pilihan ini dipilih dengan asumsi Anda telah mengisi data bibiiografi pada database bibliography.

6. Pilih short name

Klik short name yang telah kita inputkan ke dalam database.

7. Klik Insert

8. Klik Close

Nanti akan muncul di sebelah kanan pada akhir kalimat tanda seperti ini : [shortname]. Jika tadi Anda mengisi short name dengan angka satu, maka menjadi [1]

9. Kemudian pergi ke halaman baru.

Halaman ini adalah halaman yang didedikasikan sebagai halaman daftar pustaka (biasanya halaman terakhir atau bagian akhir tulisan)

10. Klik insert

11. Klik Indexes and Tables

12. Klik Indexes and Tables

13. Pilih Tab Index/Table

14. Isi Title dengan “Daftar Pustaka” (tanpa tanda kutip dua)

15. Pilih Bibliography pada Type

16. Klik OK

Jika sudah mengklik OK, nanti akan muncul list buku yang menjadi sumber rujukan Anda pada halaman daftar pustaka.



cara membuat halaman daftar pustaka pada libreoffice aka openoffice


Summary


1. Mengisi data sumber rujukan pada database adalah langkah pertama yang harus dilakukan.

2. Cari kalimat-kalimat yang kita kutip dari sumber, pada akhir kalimat Anda insert Bibliography Database (cukup pilih short name yang mewakili saja).

3. Setelah semua kalimat yang kita kutip selesai Anda insert di dalam dokumen tulisan, maka Anda buat halaman baru yang didedikasikan sebagai halaman Daftar Pustaka.

4. Di halaman daftar pustaka inilah anda insert index/table yang berupa bibliography.

5. Dan whoala….. muncullah secara otomatis List semua sumber yang menjadi rujukan Anda di halaman daftar pustaka tersebut.

6. Anda dapat mengedit dan memodifikasi tampilan apakah berdasarkan harvard style, CMS, atau Vancouver style. Anda dapat mengeditnya pada tab Entries dan Styles.

Akan tetapi saya tidak membahasnya pada tulisan ini. Pada tulisan ini saya fokuskan hanya menjelaskan tentang bagaimana cara membuat halaman dan isi dari halaman daftar pustaka secara otomatis melalui fasilitas yang ada di LibreOffice.

7. Selamat mempraktekkan kepada Anda pengguna LibreOffice yang sedang mengerjakan tugas karya ilmiah dan skripsi.



Sumber:

https://wiki.documentfoundation.org/Referencing_Systems_in_LibreOffice
https://help.libreoffice.org/Writer/Creating_a_Bibliography



1 comments :

  1. keren, oh iya tadi saya bingung, kalau di ms word saya mau nulis, misal "Nama :" kan tinggal klik "TAB" baru bikin tanda ":". Nah td di Libre hal tersebut ga bisa dilakukan, agan tau gmn caranya?

    ReplyDelete