Nusa Tenggara Barat adalah daerah yang sedang bertumbuh. Provinsi yang terletak di Pulau Lombok ini beribukota di kota Mataram.

Insan Lombok sedang berbenah. Targetnya adalah menjadikan Lombok sebagai tujuan wisata halal terbaik di dunia.

Baru-baru ini, Indonesia berada di posisi ke empat negara paling populer yang dikunjungi oleh wisatawan muslim dunia. Urutan pertama ditempati oleh Malaysia, disusul Uni Emirat Arab, kemudian Turki. Setelah Indonesia, posisi nomor lima negara tersohor yang didatangi oleh pelancong muslim seluruh dunia adalah negara Qatar.

Terkait dengan target pemerintah yang menjadikan Lombok sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia, maka semua pihak terkait melakukan pembenahan di segala bidang. Mulai dari SDM (Sumber Daya Manusia), penataan daerah wisata (wisata alam, wisata budaya, wisata religi, wisata buatan, wisata untuk keluarga, dll), pengembangan di bidang promosi, dan seterusnya. Hotel halal atau hotel syariah beserta akomodasi lain, sarana transportasi (darat, udara, laut) tak luput dari program perbaikan pemerintah daerah. Semua dilakukan agar Lombok menjadi target utama turis muslim seluruh dunia.

Kegiatan pembenahan itu akhirnya berbuah manis. Lombok mendapatkan awards atau penghargaan World Hotel Travel 2015 sebagai World's Best Halal Tourism Destination. Tak puas sampai disitu, Lombok juga mendapatkan The World's Best Halal Honeymoon Destination. Sebagai informasi, awards ini dikeluarkan oleh Uni Emirat Arab.

Dengan meraih tujuan bulan madu yang halal di dunia, maka wisata Lombok romantis pantas disematkan kepada daerah ini. Jadi bagi sobat pembaca yang ingin atau baru menikah, jangan mau kalah dengan turis asing yang melakukan wisata Lombok untuk bulan madu. Rencanakan segera dari sekarang.

Dengan prestasi yang sudah diraih, Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat semakin proaktif untuk melakukan aktivitas yang memajukan industri pariwisata Lombok. Contohnya adalah semakin gencar melakukan edukasi sadar wisata halal kepada masyarakat (wisatawan lokal) khususnya dan turis asing pada umumnya. Contoh lainnya adalah mengadakan event atau festival pada tahun 2016 ini, yaitu:


  • Festival Pesona Tambora yang diselenggarakan pada tanggal 11-16 April 2016)
  • Festival Muharam pada tanggal 12 Oktober 2016
  • Bulan Budaya Lombok-Sumbawa pada bulan November sampai Desember 2016.


Wisata Lombok Yang Terkenal

Wisata eksotis Lombok yang populer adalah pantai. Pantai di salah satu pulau kecil yaitu Gili Trawangan adalah objek wisata favorit Lombok yang banyak dikunjungi oleh pelancong lokal dan turis mancanegara. Wisata Lombok selain pantai juga tak kalah indahnya, seperti wisata budaya ke desa tradisional dan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Gambar Gili Trawangan dan foto pelestarian kura-kura/penyu di Gili Trawangan

Tempat wisata di Lombok yaitu Gili Trawangan


Selain Gili Trawangan, tempat wisata favorit Lombok adalah Gili Meno. Di bawah adalah fotonya.

Foto Blue Coral yang menawan di Gili Meno Lombok

gambar batu koral di gili meno lombok


Selain wisata pantai di Lombok, ada juga wisata gunung Rinjani. Taman nasional gunung Rinjani adalah objek wisata alam Lombok yang juga tak kalah cantik, apalagi melihat indahnya danau Segara Anak dan air terjun Senaru.

Foto keindahan Taman nasional Gunung Rinjani, air terjun Senaru, dan danau Segara Anak.

taman nasional gunung rinjani - danau segara anak - air terjun senaru



Wisata di Lombok lainnya yang wajib dikunjungi oleh pelancong adalah pantai Senggigi, kota tua Ampenan, dan Masjid Islamic Center.

Wisata Lombok yang cocok dikunjungi sekeluarga adalah wisata ke desa tradisional dan kebudayaan lokal, seperti Desa tradisional Sade, Desa tradisional Segenter, Gendang Belleq, Peresean.

Foto Desa Sade

desa tradisional sade lombok

Wisata Lombok yang wajib dikunjungi banyak, sebab banyak tempat yang eksotis di Lombok. Maka tak heran jika Lombok mendapatkan penghargaan yang sudah saya sebutkan di atas.

Lombok sebagai tempat wisata alam, salah satu alternatif wisata budaya, sebagai destinasi wisata keluarga, dan yang terakhir mendapat penghargaan adalah Lombok sebagai tujuan wisata halal.

Beberapa lokasi Lombok sebagai target wisata alam yang recommended adalah Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, Tanjung Aan, Kuta, Selong Blanak, Gunung Rinjani, Aik Kalak, Gua Susu, air terjun Tiu Kelep, Taman Lingsar, Telaga Ageng, Taman Narmada, Taman Suranadi,

Sedangkan Lombok sebagai objek wisata budaya yang dapat dikunjungi sebagai pelengkap adalah Desa tradisional Sade, pemukiman tradisional Desa Segenter, menonton Gendang Belleq, melihat Peresean.

Kembali ke pembicaraan awal yaitu Lombok sebagai tujuan wisata halal bagi turis muslim lokal dan mancanegara. Di bawah ini adalah intisari informasi apakah wisata halal itu.

Intisari Informasi tentang Wisata Halal


  1. Pengertian wisata halal adalah salah satu bagian dari industri pariwisata dengan sasaran wisatawan muslim pada khususnya. 
  2. Wisata halal harus memberikan pelayanan yang bersahabat yang sesuai dengan akhlak Islam seperti ramah, santun, senyum, proaktif, melayani sepenuh hati, memberikan rasa aman, dan seterusnya.
  3. Wisata halal harus memberikan fasilitas seperti makanan halal, bandara/terminal/stasiun atau tempat umum lain yang terdapat restoran halal, masjid, hotel/akomodasi syariah.
  4. Wisata halal menjamin para wisatawan akan kehalalan makanan dengan adanya sertifikasi dan literasi makanan halal atau produk halal.
  5. Wisata halal wajib memberikan lingkungan yang ramah keluarga (family friendly), yang memberikan suasana yang ramah untuk segala usia, jenis kelamin, suku, agama, ras, dan negara.
  6. Wisata halal mesti menyediakan kondisi dan rasa aman (menjamin stabilitas keamanan).
  7. Wisata halal perlu menyediakan kemudahan akses ke tempat ibadah (masjid/mushalla), akses ke restoran dan makanan halal, serta akses ke lingkungan/seni pertunjukan/acara yang ramah anak atau ramah keluarga.
  8. Hotel atau akomodasi lainnya seperti guest house harus mempunyai fasilitas masjid/mushalla, perlengkapan shalat, tempat wudhu, penunjuk arah kiblat di setiap kamar, restoran halal, dan hal yang terkait lainnya.

Sebenarnya masih banyak lagi indikator wisata halal, persyaratan wisata halal, dan informasi tentang wisata halal lainnya.

Semoga Lombok dapat berbenah diri untuk mengejar target sebagai tujuan wisata halal bagi wisatawan mancanegara dan pelancong lokal.

Di atas adalah informasi lengkap tentang objek wisata di Lombok beserta foto gambar tempat wisata di Lombok yang diambil dari situs pemerintah daerah Lombok.

Mumpung musim liburan, tidak ada salahnya kita sekeluarga merencanakan wisata keluarga ke Lombok. Selamat berlibur bersama keluarga.


Silakan baca artikel terkait tentang tips berwisata bersama keluarga sebagai artikel terkait.

0 comments:

Post a Comment