Siapa yang tidak pernah merasakan ganasnya kemacetan di Jakarta? Tentu saja saya pernah. Dahulu kala, saya sering melintasi Jalan Gatot Subroto Jakarta. Setiap kali melewati jalan itu diwaktu pagi dan sore, saya merasa sesak dihimpit oleh kemacetannya. Alhamdulillah saya mampu bersabar dan menemukan cara sehingga bisa menikmati kemacetan tersebut. Apa caranya? Nanti saja ya, setelah saya share mengenai tips liburan keluarga (family trips) ini.

Lantas apa hubungannya liburan bersama keluarga dengan kemacetan? Sebenarnya ada sedikit, biar saya ceritakan saja ya. Persaingan yang ketat untuk meraih penghidupan untuk keluarga, membuat para pencari nafkah super sibuk dalam kerja kerasnya mencari nafkah. Segera setelah shalat Subuh ditegakkan, merekapun bertebaran di muka bumi ini.Mereka secara bersamaan serentak berangkat ke tempat kerja mereka masing-masing. 

Disamping bergerak diwaktu yang sama dan di jalan yang sama, populasi Jakarta yang semakin tinggi, secara tak langsung membuat jalan-jalan di kota Jakarta terpenuhi oleh kendaraan-kendaaraan mereka. Ditambah lagi, angkutan umum yang semakin banyak beroperasi menambah benang kusut permasalahan kemacetan di Jakarta.

Persaingan di jalan menuju kantor, ditambah lagi permasalahan yang ada di kantor itu sendiri membuat mereka dihinggapi perasaan tertekan (stress) jika tidak pandai-pandai merespon keadaan dan kondisi di sekitarnya. Akibatnya mereka sangat memerlukan tempat, waktu, situasi, dan kondisi tertentu untuk melepas segala kepenatan di keseharian mereka.

Nah, disinilah industri traveling (ticket, guide, tempat wisata, rental kendaraan, dan hal yang terkait dengannya) tumbuh bak cendawan dimusim hujan karena merespon kebutuhan mereka. Bisnis traveling dan paket-paket perjalanan wisata baik dalam maupun luar negeri laris manis diserbu olehnya.

So, ada hubungannya kan ternyata? Jadi pada sharing kali ini, saya membagi pengetahuan tentang persiapan perjalanan liburan keluarga. Jadi sobat sekalian setelah membaca sharing ini akan bisa menerapkan juga tips tips perjalanan liburan bersama keluarga.

Tips perjalanan liburan keluarga


1. Carilah paket liburan keluarga yang sesuai budget

Untuk mendapatkan paket liburan keluarga yang hemat, sobat harus mempunyai persiapan dan informasi dimana dan kapan mendapatkan “rate yang bagus”.

Informasi tersebut dapat sobat dapatkan jika sobat tergabung dalam milis-milis travel, join di newsletter yang dibuat oleh pihak hotel atau EO, dan mesin pencari internet.

Biasanya jika memesan tiket pesawat jauh hari sebelumnya, sobat akan mendapatkan penawaran yang murah, begitu pula dengan hotel. Satu lagi, rate hotel pada week end berbeda ( lebih tinggi ) daripada work day.

Oleh karena itu, informasi yang harus sobat dapatkan adalah jadwal kosong anak-anak sekolah. Seperti misalnya: liburan kenaikan kelas, liburan setelah UTS, libur karena kakak kelasnya mengadakan Ujian Nasional, awal-awal masuk sekolah, dan seterusnya. Jadi sobat bisa minta cuti ke kantor yang bertepatan dengan jadwal longgar anak-anak yang bisa minta izin 2 atau 3 hari misalnya. Sehingga sobat bisa dengan mudah membeli tiket pesawat dengan rate yang agak rendah dan rate hotel yang lebih murah. 
 
2. Menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan harga yang lebih murah

Disamping informasi yang sobat dapatkan melalui newsletter, mailing-list, group yang berhubungan dengan travel paket hemat, sobat juga bisa mencari informasi tersebut sendiri. Bagaimana cara mencari informasi paket perjalanan keluarga yang murah? Sobat bisa menggunakan mesin pencari khusus travel di bawah ini.

Misalnya sobat berencana liburan keluarga diakhir tahun ini dengan melakukan perjalanan ke Malaysia. Sobat bisa searching informasi sesuai dengan contoh yang saya share di bawah ini.


Melalui mesin pencari kayak, sobat bisa mencari harga tiket penerbangan, hotel, dan rental kendaraan yang murah dengan membandingkan paket satu dengan paket yang lainnya.

Contoh 1: jika sobat mencari hotel di Kuala lumpur, dari dan sampai tanggal yang sudah sobat rencanakan, dan juga dengan berapa orang anggota keluarga, sobat dapat klik tombol search. Lihat gambar di bawah.

mesin pencari khusus travel kayak - mencari hotel


Setelah itu kayak akan menampilkan hasil pencarian yang sobat bisa filter lagi berdasarkan bintang, harga, recommended, jarak dari kota, dan seterusnya.


hasil pencarian hotel di kayak berdasarkan urutan harga di kayak


Kemudian sobat dapat memilih hotel yang sobat dan anak-anak minati dan booking hotel tersebut.

Contoh 2: Sobat ingin mencari tiket pesawat dengan kayak? Caranya sama dengan di atas, klik flight, pilih jumlah anggota keluarga ( berapa jumlah dewasa, berapa jumlah anak-anak ) seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

hasil pencarian tiket pesawat sort by price di kayak



Kemudian sobat dapat memfilter hasil pencarian, misalny diurut berdasarkan harga yang termurah, dan seterusnya. 

komparasi harga tiket pesawat di mesin pencari kayak
 

Itulah contoh penggunaan mesin pencari kayak untuk mendapatkan paket perjalanan liburan wisata keluarga yang sesuai budget sobat.


3. Melakukan persiapan perjalanan

Hal-hal yang disiapkan adalah:

a. Jadwal berangkat dan pulang yang sudah fixed

Tujuannya adalah agar sobat bisa mengajukan cuti di kantor, dan anak-anak juga minta izin di awal waktu. Diantara tujuan lainnya adalah agar sobat bisa booking pesawat dan hotel dengan mudah dan murah.

b. Cek list barang-barang yang akan dibawa

Cek list ini sangat perlu sekali mengingat kita mudah lupa jika packing barang dengan terburu-buru, walhasil ada saja barang penting yang lupa terbawa oleh kita.

Sebagai tambahan informasi, ada sebuah situs yang dapat membantu kita untuk membuat cek list ini, yaitu: The universal packing list.

Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

Sobat hanya mengisi data sebagai berikut:
mulai perjalanan, akhir perjalanan, dewasa dan anak-anak, jenis akomodasi, jenis transportasi, lokasi wisata keluarga, dan seterusnya.  

Setelah sobat klik Generate list, maka akan muncul informasi seperti di bawah ini. 

dokumen yang perlu dipersiapkan

daftar dokumen yang harus dibawa saat melakukan perjalanan
 
 Baju yang harus dipersiapkan

list baju yang harus dibawa ketika travel


c. Hal-hal yang perlu dilakukan sebelum traveling

- mengecek dokumen seperti tiket, paspor, dan surat lainnya.

- pergi ke money changer untuk tukar uang ke negara yang dituju.

- mengecek kesehatan dan obat-obatan bila diperlukan

dan seterusnya.

Buatlah to-do-list sehingga sobat dapat melakukan persiapan family trip dan mendapatkan perjalanan liburan yang menyenangkan.

Ada tools dari web site universal packing list yang dapat sobat gunakan, setelah sobat mengisi data yang diperlukan, sobat akan melihat task to do (aktivitas yang harus dilakukan) sebelum melakukan perjalanan.

Contohnya sobat bisa lihat gambar di bawah.

kegiatan yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan


4. Buat agenda kegiatan harian saat perjalanan wisata bersama keluarga

Buat kegiatan yang detail. Aktivitas planning ini sebaiknya melibatkan seluruh anggota keluarga: ayah, ibu, dan anak-anak. Buat kesepakatan agenda ini sehingga semuanya senang menjalani dan menikmati perjalanan liburan keluarga.

Itulah tips menjalani liburan bersama keluarga, semoga dengan mempraktekkan tips ini sobat dapat melakukan perjalanan wisata bersama keluarga dengan aman dan menyenangkan, serta dengan harga yang terjangkau tentunya.

Sebelum mengakhiri sharing kali ini, saya ulangi lagi tips berlibur dengan aman, menyenangkan dan hemat, yaitu: mencari paket liburan keluarga yang sesuai budget dengan tools yang sudah saya share, melakukan berbagai persiapan seperti contoh di atas, membuat agenda perjalanan harian pada saat di kota tujuan wisata anda sekeluarga.

Selamat berlibur, berwisata, dan melakukan perjalanan yang menyenangkan bersama keluarga. Jika sobat mempunyai tips lainnya, jangan sungkan-sungkan share di blog ini melalui komentar. Terima kasih telah membaca tips berlibur bersama keluarga, nantikan sharing lainnya di blog kata kata bermanfaat ini. 


Artikel terkait:
Mengajak Anak berkebun

Tips bepergian dengan pesawat terbang agar perjalanan lancar dan nyaman


 

0 comments:

Post a Comment