Setelah membahas Objek Wisata Lombok, maka pada edisi liburan kali ini saya mengulas tentang aplikasi pada gadget atau smartphone sebagai teman perjalanan wisata ke mancanegara atau perjalanan bisnis. Sebagai tambahan saya akan menguraikan tentang contoh tempat-tempat wisata mancanegara yang dapat dikunjungi.

Jika digunakan secara tepat dan efektif, maka aplikasi ini sangat membantu kita, dan memberi kemudahan sebelum, saat, dan sesudah berwisata ke luar negeri.

Aplikasi yang Memudahkan Turis Saat Berwisata

Daftar aplikasi smartphone/gadget untuk para traveler/wisatawan di bawah ini dapat berjalan pada multi platform (IOS, Windows Phone, dan Android). Aplikasi ini multi guna, diantaranya adalah sebagai travel assistant, 

Inilah beberapa aplikasi yang memudahkan para traveler yang berwisata maupun seseorang yang mengadakan perjalanan untuk bisnis/meeting (business trip).

1. Worldmate

Adalah aplikasi yang memudahkan para traveler dalam perencanaan perjalanan (travel assistant).

Dengan aplikasi ini, para pelancong tidak lagi membuat perencanaan perjalanan di kertas atau buku perjalananan secara manual. Cara manual (menulis di kertas/buku) memerlukan waktu dan kesabaran yang cukup. 

Aplikasi ini dapat diinstal di gadget yang berplatform IOS, Android, dan Windows phone. 

Selain mengumpulkan semua hal yang terkait dengan rencana perjalanan (notes/catatan penting, hotel booking, car rental/ rental mobil, itinerary/rencana perjalanan, weather forecast, currency conventer, dan lain lain, terdapat pula notifikasi secara real time jika terdapat sesuatu hal, seperti pembatalan penerbangan, penundaan jadwal penerbangan, penurunan rate hotel, dan lain lain. 

Inilah contoh interface/antar muka dari aplikasi worldmate yang saya lihat di Play Store (platform Android). 

Tampilan Home screen aplikasi Worldmate, gambar diambil dari page resmi Worlmate di Play Store

Home page aplikasi worldmate di Android


Tampilan untuk sub menu informasi penerbangan, delay alert, gateway change alert.

aplikasi notifikasi untuk perubahan gateways dan pesawat delay

Tampilan aplikasi Worldmate untuk menu penyewaan mobil (car rental) 

car rental di worldmate pada android


Tampilan menu pemesanan hotel (book hotel) pada aplikasi worldmate.

fitur pemesanan hotel pada aplikasi worldmate



2. Hotel Tonight

Pada intinya, aplikasi Hotel Tonight ini adalah aplikasi untuk memudahkan para traveler untuk book hotel. 

Terdapat aplikasi web yang memudahkan untuk memesan hotel, seperti agoda.com atau booking.com , dan lainnya seperti yang sudah saya informasikan di tulisan sebelumnya seputar tips jalan-jalan hemat.

Namun Hotel Tonight adalah aplikasi yang khusus untuk pemesanan hotel di hari yang sama (last minute/same day hotel booking) atau malam hari. 

Aplikasi ini berjalan pada gadget berplatform IOS dan Android. 

Sebagaimana semboyannya yaitu last minute deals, aplikasi ini menawarkan hotel dengan harga yang kompetitif (baca: lebih murah) dan easy book (booking hanya 10 detik).

Di bawah adalah tampilan aplikasi hotel tonight yang diambil dari page di Play Store.


book hotel pada hari yang sama dengan aplikasi hotel tonight


Aplikasi hotel tonight cocok untuk traveler yang mengunjungi Eropa dan Amerika. Sedangkan untuk daerah benua Asia dan sekitarnya dapat menggunakan aplikasi HotelQuickly.

3. XE Currency

Dengan adanya aplikasi XE Currency yang terinstal di gadget kita, maka tidak ada alasan lagi kita tidak mengetahui nilai tukar mata uang negara kita dengan negara yang kita kunjungi. 

Aplikasi ini saya temukan di Play Store, dan ada dua versi aplikasi yaitu yang free dan yang berbayar. Developer aplikasi ini juga membuat versi untuk operating system IOS. 

Sobat bisa lihat contoh tampilan aplikasi XE Currency yang diambil dari pagenya di Play Store.

XE currency aplikasi android



4. Athan

Aplikasi ini sangat penting bagi traveler muslim. Aplikasi ini dibuat oleh islamicfinder.org

Ada dua versi aplikasi Athan ini, versi gratis dan berbayar. Jika kita instal yang gratis, maka akan muncul iklan jika aplikasi dijalankan. 

Fitur aplikasi Athan adalah:

  • Penunjuk waktu shalat
  • Prayer alert
  • Tracking the progress of prayer
  • Mencari tempat seperti masjid, alamat organisasi, bisnis, sekolah Islam disekitar tempat kita
  • Islamic event atau kalendar hijriah
  • Penujuk arah kiblat
Setelah instalasi, Anda akan disuruh memilih dua opsi, pertama mengaktifkan GPS (auto detect location) atau memilih lokasi secara manual. Seperti tampak pada gambar di bawah.

pilih lokasi manual untuk aplikasi athan



Kemudian di window selanjutnya akan muncul jadwal shalat lima waktu berdasarkan lokasi yang kita pilih secara manual atau lokasi yang terdeteksi otomatis oleh GPS. 

Ini tampilan aplikasi Athan dari Islamicfinder.org, menu jadwal shalat lima waktu pada lokasi tertentu. 

tampilan aplikasi athan penunjuk waktu shalat 5 waktu

Tampilan untuk pencarian masjid terdekat pada aplikasi athan.

cari masjid disekitar lokasi pada aplikasi athan

Tampilan kalender hijri pada aplikasi athan

fitur aplikasi athan di android yaitu kalender hijri


Ada banyak aplikasi untuk travel management  untuk seluruh traveler baik wisatawan maupun Anda para profesional yang melakukan perjalanan kantor dan juga Anda para pengusaha yang mengadakan kunjungan bisnis baik lokal maupun mancanegara. 

Saya sudah mengulas dua aplikasi tambahan yaitu kayak.com (mencari dan booking penerbangan dan hotel) dan Universal packing list (cek list alat/kebutuhan untuk bepergian sesuai dengan tujuannya) di tulisan saya sebelumnya di http://katakatamanfaat.blogspot.co.id/2015/10/tips-wisata-liburan-keluarga-yang-aman-menyenangkan-hemat.html 


Sekarang saya akan mengulas tentang tempat-tempat wisata mancanegara yang dapat dikunjungi.

Objek Wisata Mancanegara Terkenal Yang Dapat Anda Kunjungi

Wisata ke luar negeri memerlukan persiapan yang matang, karena memerlukan sumber daya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, mempersiapkan segala sesuatunya sangat penting agar liburan wisata berjalan sesuai yang direncanakan. 

Di bawah adalah contoh negara dan tempat wisata yang bisa sobat dan keluarga kunjungi:

1. Australia

Terkenal dengan sebutan negeri Kanguru. Banyak kota yang indah di negara ini yang layak kunjung. Contohnya adalah Sydney. Di kota Sydney ada objek wisata yang terkenal oleh turis lokal dan turis mancanegara, misalnya: Harbour Bridge, Queen Victoria Building, Hyde Park, Opera House. Jika ingin menikmati pelabuhan Sydney yang menawan, nikmatilah Harbour Cruises.

Kota lain di Australia yang dapat sobat kunjungi adalah Brisbane. Ini sangat rekomended jika sobat bepergian bersama sikecil, karena di Brisbane terdapat wahana permainan yang heboh yaitu di DreamWorld, theme park yang sangat luas. Jika ingin menikmati fauna Australia yaitu Koala dan Kanguru, sempatkan kunjungi kota ini. Dijamin anak-anak akan senang melihat woolshed (pencukuran bulu domba). Ini terdapat di Paradise Country Farm. Selanjutnya dapat menuju ke Gold Coast dan berbelanja di pusat perbelanjaan terbesar di Harbour Town. 

Cairns adalah tempat untuk melihat terumbu karang (Great Barrier Reef), yang hobi snorkeling dan senang dengan pemandangan bawah laut, wajib mengunjungi tempat ini. 

Kuranda dapat dikunjungi untuk melihat keindahan hutan tropis di Rainforestation. Untuk melihatnya sobat menggunakan Skyrail. Selain itu, sobat dapat melihat fauna khas Australia yaitu Kanguru, Wombat, Wallaby. 

Untuk wisata budaya, sobat dapat mengunjungi Tjapukai Aboriginal Culrural Park untuk menikmati tari Pamagirri, permaianan melempar bumerang dan tombak. Ini adalah pertunjukan tradisional dari suku Aborigin. 

2. Selandia Baru

Tempat ini cocok untuk sobat yang ingin menikmati alam, hunting foto lansekap bertema alam/nature, dan berjiwa petualang/adventurer. Mengapa? karena negeri ini dipenuhi oleh keindahan alamnya yang menawan (seperti halnya Indonesia).

Jika sobat telah menonton film Lords of the Rings, ada ladang peternakan yang digunakan sebagai salah satu tempat pembuatan film tersebut. Ini dapat sobat kunjungi setibanya di Auckland, lalu menuju Rotorua (melewati Matamata), sehingga dapat singgah di Hobbiton movie set dan Farm tour. Ini cocok untuk sobat yang menyukai Agritour atau farm to farm tour

Wisata budaya dapat dilakukan dengan mengunjungi perkampungan Suku Maori. Agrodome adalah tempat wisata yang cocok untuk keluarga karena di sini sobat sekeluarga dapat menyaksikan pemotongan bulu domba.  Bagi yang ingin wisata fauna, sebaiknya berkunjung ke Rainbow Springs untuk melihat pembiakan ikan trout dan burung kiwi. Jangan lupa ke Waitomo Cave yang unik karena terdapat cacing yang berpendar cahaya. 

3. Amerika Serikat

Dimulai dari kota yang ramai sebagai pusat aktivitas manusia yaitu Washington. Di kota Washington sobat dapat melakukan wisata kota (melihat aktivitas kota Washington dan kehidupannya). Jangan lupa lihat Washington monument, White House yang terkenal itu, Jefferson memorial, Lincoln memorial, dan bangunan yang populer yaitu Pentagon.

Penyuka Disneyworld wajib mengunjungi kota Orlando. Oleh karena di kota ini dikenal dengan sebutan The theme park capital of the world. Sobat akan merasakan sensasi Disneyworld plus EPCOT. Ini merupakan kompleks hiburan yang sangat luas yang terdiri dari Magic Kingdom Park, Epcot, Disney's Hollywood Studios, Disney's animal, Kingdom Park, Water park (Disney Blizzard Beach dan Disney's Typhoon Lagoon), dan lain lain. 

4. Korea Selatan

Bagi yang ingin melancong ke seputaran Asia, Korea dapat menjadi tujuan wisata sobat dan keluarga. 

Ibukota negara ini adalah Seoul, adalah tempat yang pertama kali dikunjungi. Di Seoul terdapat Gyeongbok Palace, Blue House, dan National Folk Museum. 

Tempat lainnya adalah Pulau Nami (tempat syuting film Winter Sonata). Selanjutnya sobat bisa menikmati Gunung Sorak. 

Untuk wisata budaya, sobat layak mengunjungi Cheongpung Cultural Heritage Complex di Chungju Lake Cruise yang terletak di Danyang.

Theme park terbesar di Korea Selatan di Everland, objek wisata yang cocok untuk bermain bersama anak. 

Selain itu, bagi penyuka wisata edukasi, sobat dapat belajar membuat makanan khas korea yaitu Kimchi. Tambahan lagi, sobat dapat belajar memakai pakaian tradisional Korea yaitu Hanbok. Sobat dapat belajar tentang memasak kimchi dan memakai pakaian hanbok di Kimchi School. 

Untuk sobat yang ingin wisata belanja, wajib datang ke Dongdaemun Shopping Complex, lalu ke Ginseng Outlet, Cosmetic Shop, Duty Free Shop, serta Myeongdong Shopping Street.


5. Inggris

Bagi penyuka arsitektur bangunan kuno, jangan lupa singgahi York. Kota ini berumur lebih 2000 tahun, ada sejak kerajaan Romawi dan bangsa Viking. Di sini, sobat dapat berselfie ria di York Minster dan Royal Mile. 

Yang hobi berkunjung ke museum untuk wisata edukasi, silakan datang ke Bath. Tepatnya Museum Roman Bath. Terdapat tempat pemandian Romawi dengan sumber air panas. Sebagai tambahan, kunjungi juga London, karena di London terdapat Museum Patung Lilin Madame Tussauds. 

Ohya, jika sobat singgah ke London, jangan lupa datang ke Istana Buckingham, House of Parliament, Tower of London, dan Trafalgar Square. 

Nah ini, bagi yang hobi sepak bola, terkhusus penyuka klub Manchester United, tempat ini wajib kunjung. Kota Manchester terkenal sebagai tempat tujuan wisata bagi penikmat olah raga bola. Singgahlah ke Old Trafford Stadium, di stadium ini sobat bisa berselfie ria dan berbelanja suvenir khas MU (Manchester United) di MU Megastore. 

6. Skotlandia

Mari berkunjung ke Edinburgh dan Jedburgh. Jangan lupa rute perjalanannya, singgahlah ke Jedburgh Abbey dengan melewati Queen's Mary House. Ohya, jangan terlewat ke Edinburgh Castle. 

Tahu cerita Dr Jekyll dan Mr Hyde, sobat bisa melakukan napak tilas cerita tersebut dengan melewati jalan seperti Prince Street dan The Royale Mile. 

Untuk yang hobi hunting foto, wajib ke Glasgow. Banyak tempat menarik di kota Glasgow ini seperti George Square. Sobat juga melihat-lihat Glasgow University. Sebagai tambahan untuk hunting foto yang menarik, kunjungi kota Inverness dan setelah itu Loch Ness, kemudian Urquhart Castle. 

7. Irlandia

Di sini sobat bisa mengunjungi Belfast (Belfast City Hall) dan Titanic Museum, menikmati ibu kota Irlandia yaitu Dublin, Bushmill, Guinnes Storehouse, Trinity College Library.

Itulah negara beserta objek wisatanya yang perlu sobat pertimbangkan untuk dikunjungi pada liburan mendatang. Sebenarnya masih banyak lagi kawasan eksotis lainnya seperti Malaysia, China, Dubai, Qatar (untuk seputaran Asia), Turki dan beberapa negara lain di benua Eropa. 

Kesimpulan

Jadi sekarang sobat telah mengetahui informasi tentang aplikasi apa saja yang digunakan untuk memanage/mengatur perjalanan baik perjalanan wisata maupun perjalan bisnis. 

Aplikasi di atas berjalan pada multi platform yaitu Android, IOS, dan Windows mobile.

Ada dua versi aplikasi yaitu free/gratis dan berbayar/paid. 

Aplikasi travel management ini jika digunakan secara maksimal akan sangat membantu sobat mengatur hal selama perjalanan/travelling (mulai dari mencari tiket pesawat dan hotel yang murah, merancang perjalanan, cek list perjalanan, cek list alat dan kebutuhan lain yang harus dibawa, arah kiblat, lokasi masjid, waktu shalat, tempat belanja, rental mobil, kurs mata uang, dan seterusnya.

Sobat telah mengetahui informasi negara tujuan wisata yaitu Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Korea Selatan, Inggris, Skotlandia, Irlandia. Dan juga mengetahui objek wisata yang indah dan terkenal di negara tersebut.

Selamat berlibur, jangan lupa jaga kesehatan agar dapat menikmati liburan bersama keluarga dengan sempurna. 

0 comments:

Post a Comment