Craft adalah kata berbahasa Inggris yang mempunyai arti kerajinan tangan. Dulu sewaktu saya di SD ada pelajaran ini disetiap pekannya. Nama pelajarannya adalah keterampilan. Sebenarnya intinya adalah prakarya atau hasta karya. Sepertinya untuk saat ini istilah craft sudah umum digunakan.

Istilah yang sudah banyak dipakai sebagai sinonim dari craft adalah handicraft atau handmade. Jadi untuk dokumentasi ini, saya akan menggunakan istilah craft sebagai pengganti kerajinan tangan.

Kami akan mendokumentasikan kegiatan membuat craft oleh anak-anak kami sebagai dokumentasi portofolio mereka di blog ini.


Manfaat dari kegiatan membuat craft


Bagi kami, banyak manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan membuat kerajinan tangan atau hasta karya ini.

1. Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.

Antara kegiatan yang satu ke kegiatan yang lain didalam keseharian anak-anak biasanya ada waktu longgar. Maksudnya adalah waktu dimana mereka mempunyai waktu untuk melakukan kegiatan apa saja yang tidak diagendakan.

Jadi saya mengenalkan mereka membuat craft yang sangat mudah dibuat untuk ukuran anak-anak dan bahan pembuatannya mudah didapat. Sehingga mereka mengisi waktu mereka dengan membuat craft.


2. Mengatasi rasa kejenuhan dalam beraktivitas.

Adakalanya rutinitas mereka membaca, menulis, dan seterusnya di dalam keseharian membuat mereka jenuh. Rasa jenuh ini harus diatasi dengan aktivitas yang berbeda dari biasanya, sehingga semangat mereka untuk melakukan agenda kegiatan berikutnya akan menyala kembali.


3. Membiasakan mereka berkarya.

Dengan kegiatan ini, anak-anak akan terbiasa merancang, membangun, menciptakan sesuatu. Walaupun sesuatu yang mereka buat adalah hal yang sederhana dan mudah. Dengan pembiasaan ini, diharapkan mereka menjadi insan yang kreatif dan inovatif sehingga nantinya mereka akan menjadi pencipta sesuatu yang bermanfaat bagi ummat atau menjadi insan yang solutif.


4. Melatih kerjasama.

Selain membuat kerajinan tangan sebagai proyek pribadi (dikerjakan oleh mereka masing-masing), kami juga membiasakan untuk membuat proyek tim yaitu karya yang dikerjakan secara bersama-sama.

Dari kegiatan ini, mereka akan belajar tentang mengatur sesuatu (siapa yang mengerjakan apa). Keterampilan untuk memimpin dan untuk mematuhi aturan juga dapat diasah dari aktivitas pembelajaran ini.


Contoh handicraft mudah yang dapat dikerjakan oleh anak-anak


Di bawah ini contoh kerajinan tangan yang mungkin dapat membuahkan ide untuk aktivitas pembuatan hasta karya untuk teman-teman.



contoh karya craft bunga-bunga

Ini adalah contoh hasil karya membuat bunga dari bahan yang mudah didapat serta mudah dikerjakan oleh anak-anak.


craft kipas dari kertas warna - aktivitas membuat craft

Ini juga bisa dijadikan contoh kegiatan prakarya yaitu membuat kipas dari kertas.




Kalau portofolio membuat bros ini, sudah kami dokumentasikan di membuat bros dari kain flanel dan spandex.


Itulah contoh aktivitas membuat craft yang mudah untuk anak. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi ide kegiatan untuk ayah bunda dengan anak-anak.


0 comments:

Post a Comment