Pertanyaan anak seperti kenapa kuku dan rambut dipotong tidak sakit biasanya muncul ketika mereka memperhatikan dan membandingkan anggota tubuh yang sakit karena luka tergores dengan kuku atau rambut yang dipotong namun mereka tidak merasakan sakit.




Ketika muncul pertanyaan tersebut, disanalah waktu yang tepat untuk menjelaskan tentang bagian tubuh manusia. Namun untuk menjawab dengan tepat, diperlukan sebuah ilmu agar jawaban kita sebagai orang tua mengena dan dapat dicerna anak dengan baik.

Untuk itulah saya tulis ulang di blog ini apa yang telah saya dapat dari buku tips menjawab pertanyaan anak, agar kita para orang-tua mempunyai wawasan tambahan untuk menjawab dengan benar.

Pertanyaan:

Kenapa saat rambut dan kuku kita dipotong, kita tidak merasa sakit?


Jawaban:





Menggunting kuku adalah merupakan kebiasaan yang bagus untuk menjaga kebersihan tubuh. Kebersihan dan kerapihan kuku adalah cermin perilaku seseorang dalam hal menjaga kesehatan tubuhnya. Pun begitu juga dengan memotong rambut, tujuannya agar rambut senantiasa rapih dan bersih.

Adapun bagian rambut yang dipotong adalah bagian batang rambut. Batang rambut adalah bagian rambut yang tidak memiliki saraf. Saraf adalah sistem pengatur seluruh aktivitas dalam tubuh manusia.

Tugas saraf salah satunya adalah memindahkan rasa sakit dari tubuh kita menuju otak.

Begitu juga dengan kuku. Kuku tumbuh di kulit bagian luar, dan tidak memiliki urat saraf, maka ketika kuku tersebut dipotong kamu tidak merasakan sakit.

Semoga jawaban ini jelas dan kamu paham sekarang mengapa kuku dan rambut tidak sakit ketika dipotong.

0 comments:

Post a Comment