Mencari kata-kata semangat untuk anak anda? Ingin mendapatkan kata yang bukan sekedar kata kata mutiara? Jika iya, berarti sama dengan saya. Saya juga sedang mengumpulkan kata motivasi agar menumbuhkan semangat pada anak-anak.

Dahulu ketika saya masih duduk di sekolah dasar, guru saya sering sekali menyelipkan kata kata yang membangkitkan semangat anak muridnya untuk semangat belajar.

Walau perkataan beliau sederhana, namun terasa indah dan bermakna karena keluar dari mulutnya seorang yang bersahaja dan mempraktekkan apa yang beliau ucapkan.

Orang zaman kini menyebutnya “walk the talk”. Izinkan saya mendeskripsikan kata ini ke dalam bahasa kita, arti kata tersebut kurang lebih adalah satunya antara ucapan dan perbuatan atau dengan kata lain orang yang mengajarkan sesuatu yang ia telah terlebih dahulu menerapkannya.

Contohnya ketika dia menyuruh anaknya untuk Shalat ke masjid, dialah orang yang pertama kali mencontohkan shalat di masjid (setiap hari shalat berjamaah di masjid).

Contoh lain adalah orang yang jatuh bangun dalam membangun bisnis yang kini menjadi orang sukses, setelah itu dia sharing ilmu bisnis kepada orang lain. Sangat terasa sekali ucapan orang yang “walk the talk” , lebih bermakna dan terasa.

Oleh karena itulah, kata kata semangat yang beliau ucapkan kepada anak anak muridnya sangat menyentuh dan terasa di dalam hati kami waktu itu.

Semakin kita menuntut ilmu, akan semakin sadarlah kita bahwa ternyata kita masih sedikit ilmunya. Dan dengan semakin banyak mendengarkan kajian dari para ulama, semakin sadarlah bahwa ternyata kata kata yang kita cari selama ini banyak bertaburan di dalam Al-quran dan hadits nabi.

Banyak pula kata kata indah nan penuh semangat yang dapat kita baca dari buku sejarah sahabat nabi, tabi’in, bahkan juga perkataan para ulama sekarang yang mengikuti jejak generasi terbaik ummat ini.

Di bawah ini saya sebutkan contoh perkataan tersebut


Kata kata semangat ini bukan hanya bermanfaat bagi anak anak kita, namun juga untuk kita sendiri. Oleh karena itu, saya dokumentasikan di blog ini. Saya dokumentasikan contoh ini yang bersumber dari http://muslim.or.id/akhlaq-dan-nasehat/masa-muda-waktu-utama-beramal-sholeh.html

‘Ali bin Abi Tholib radhiyallahu ‘anhu berkata:


Dunia itu akan pergi menjauh. Sedangkan akhirat akan mendekat. Dunia dan akhirat tesebut memiliki anak. Jadilah anak-anak akhirat dan janganlah kalian menjadi anak dunia. Hari ini (di dunia) adalah hari beramal dan bukanlah hari perhitungan (hisab), sedangkan besok (di akhirat) adalah hari perhitungan (hisab) dan bukanlah hari beramal.
(HR. Bukhari secara mu’allaq –tanpa sanad-)

Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara: [1] Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, [2] Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, [3] Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, [4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, [5] Hidupmu sebelum datang kematianmu.
(HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Hadits ini dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir)

Itulah contoh kata kata semangat untuk anak.

Alhamdulillah, saya juga sudah mendokumentasikan satu lagi hadits nabi yang mengajarkan kita tentang manfaat dari tekun dalam beramal atau bekerja yaitu dicintai oleh Allah Ta’ala.

Saya sengaja mendokumentasikannya dalam bentuk gambar, supaya anak anak lebih tertarik dan membacanya berulang-ulang. Mudah-mudahan dengan seringnya melihat gambar dan membaca kata kata semangat ini, timbul motivasi dalam diri mereka agar tekun dan optimal dalam berusaha, beramal, dan bekerja. Dan hanya kepada Allah lah kita berharap.

Inilah gambar motivasi kata kata semangat yang bersumber dari hadits nabi tersebut:

poster motivasi semangat dan tekun


Gambar di atas dapat dicetak dan dijadikan poster untuk membangkitkan semangat ketekunan dan memperkuat motivasi dari dalam diri.

"Sesungguhnya Allah menyukai jika salah satu dari kalian melakukan amalan pekerjaan yang dilakukan dengan tekun (maksimal dan sebaik-baiknya)".


0 comments:

Post a Comment