Ketika kuliah saya menemukan banyak mahasiswa yang standar saja dalam aktivitas perkuliahan, seperti datang ke kelas dengan persiapan seadanya, sedikit mencatat, tapi ingin mendapat nilai yang baik, mereka ingin mendapat nilai bagus dengan fotocopy catatan temannya yang rajin mencatat dan belajar dengan sistem kebut semalam (baca: ujian esok hari namun baru menjejalkan diri dengan materi ujian pada malam sebelumnya).

Namun saya juga mendapati beberapa teman mahasiswa yang tahu bagaimana cara belajar yang cocok bagi dirinya. Mereka telah mempraktekkan empat siklus belajar yaitu persiapan, penyerapan, mendapatkan/record, dan pengulangan/review. Mungkin mereka tidak tahu teori dari 4 siklus belajar ini, namun mereka mempraktekkan hal ini. Mereka sudah terbiasa melakukan siklus belajar ini sehingga rata-rata dari mereka adalah mahasiswa yang berprestasi dalam bidang akademisnya.

Dalam catatan ini, saya akan mengupas tentang salah satu proses belajar yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa yang ingin berprestasi di kuliahnya. Proses pertama yang harus diterapkan yaitu melakukan persiapan belajar.


persiapan yang harus dilakukan mahasiswa sebelum belajar kuliah



Ada beberapa proses dalam belajar di kampus, berbeda prosesnya dengan belajar di sekolah menengah. Proses belajar di kampus itu lebih kompleks karena menggunakan keterampilan berpikir yang lebih tinggi.


=========================================
Lihat tingkatan kemampuan/keterampilan berpikir untuk melengkapi informasi
=========================================


Proses pertama adalah persiapan untuk belajar, yang akan menjawab pertanyaan apakah kamu siap belajar di kampus hari ini.

Kamu pasti sudah tahu bahwa atlet ketika ingin bertanding, ia tidak akan turun dalam lapangan sebelum melakukan latihan dan pemanasan. Begitu juga dengan mahasiswa, mahasiswa berprestasi adalah manusia yang tidak masuk ke kelas melainkan ia telah menyiapkan segala kemungkinan yang diperlukan dalam proses belajar di kelas.

Ketika kamu telah siap, maka mental dan jasmanimu sejatinya telah siap untuk menerima informasi, sehingga telingapun akan siap mendengar penjelasan dan uraian yang diberikan oleh dosen.

Contoh persiapan yang harus kamu lakukan sebelum pembelajaran di kampus


1. Visualisasi short-term goal kamu

=========================================
Baca tentang short-term dan long-term goal untuk menyempurnakan informasi.
=========================================


2. Melakukan self-asking dan jawab dalam buku khususmu.

Contoh pertanyaan:

a. Apa yang saya ingin dapatkan di kelas?

b. Informasi apakah yang akan didapat di kelas nanti? Apakah ada hubungannya dengan informasi/pelajaran yang sudah aku dapat sebelumnya?

c. Bagaimana caranya agar kelas hari ini hasilnya akan mendekatkan saya pada goal?

d. Apakah ada tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya? Sudahkah saya menyelesaikannya?

Manfaat dari melaksanakan poin nomor dua ini, kamu akan pergi ke kampus dan masuk ke kelas dengan percaya diri (self-confidence).



persiapan harus di ceklist agar mahasiswa siap untuk belajar di kelas




3. Melakukan persiapan fisik untuk menunjang aktivitas belajar.

Contohnya:

a. Tidur/istirahat yang cukup sebelum datang ke kelas.

b. Makan/sarapan dengan nutrisi tinggi agar kamu punya energi yang kuat untuk menganalisis dan berpikir serta melakukan aktivitas lainnya.

=========================================
Salah satu makanan yang kaya nutrisi dan sangat bermanfaat adalah kurma. Salah satu khasiatnya adalah mengembalikan energi seketika. Mau tahu khasiat dan manfaat yang besar lainnya dari kurma?

Baca di sini:

Kurma medjoul dan manfaatnya

Informasi khasiat kurma medjool

=========================================


4. Mengecek "alat tempur" untuk menuntut ilmu sebelum berangkat ke kampus, seperti: buku catatan, buku panduan/textbook, tugas yang harus dikumpulkan, pena, penghapus, dan bekal lainnya.


5. Pergi lebih awal agar sampai di kelas lebih awal sehingga mendapatkan tempat duduk paling depan atau paling dekat dengan dosen yang mengajar.


6. Jauhkan dari distraksi (hal yang mengganggu), seperti silent hape/gadget, matikan wifi pada laptop (kalau di kelas menggunakan laptop), non aktifkan berbagai macam notifikasi, seperti: notifikasi email, chat, social media, dan seterusnya.

7. Menantikan kelas dimulai dengan hati yang mantap, nafas yang dalam, dan mental yang siap, sehingga kamu sudah siap untuk mendengar, take a note (mencatat), dan belajar.


Itulah persiapan-persiapan yang kamu harus lakukan dan pastikan melalui checklist agar siap pergi ke kampus dan siap belajar di kelas.

Baca tips sebelumnya


=========================

Tips kuliah sukses yang ke 12

0 comments:

Post a Comment