Ini adalah tulisan terdahulu ketika liburan sekolah, diposting ulang di blog sebagai dokumentasi aktivitas pembelajaran di rumah ketika libur sekolah.

=================

Sudah dua hari liburan dijalani di rumah, tema kegiatan masih seputar membuat kue. Setelah kemarin anak-anak mengisi liburan di rumah dengan membuat kue, nampaknya hari ini mereka akan mencoba membuat kue juga. Kali ini saya akan mendokumentasikan bagaimana cara membuat kue pisang coklat versi Ahmad.

Begitu melihat kedua kakak perempuannya bekerjasama dalam membuat kue kemarin, nampaknya Ahmad juga tertarik untuk mencoba mengolah dan menyajikan masakan.

Oleh karena saya melihat ada sisa coklat meses dan susu kental, dan juga kebetulan ada tukang jualan pisang lewat di depan rumah. Maka ide membuat kue pisang coklat plus susu ini muncul seketika. Akhirnya, saya mengajak Ahmad untuk melakukan aktivitas pembelajaran ini.

Saya tidak perlu untuk mengetikkan kata kunci “resep bikin pisang coklat” atau “resep buat pisang coklat” di google, karena membuat ini adalah mudah terutama untuk anak seumuran Ahmad. Yang diperlukan hanya kehati-hatian dalam memotong pisang menjadi bagian-bagian kecil.

Penyajian kue pisang coklat


Di bawah ini adalah foto yang sempat didokumentasikan dan penampakan kue pisang coklatnya. Nampak bertaburan coklat meses dan dilumuri susu. Sangat kelihatan menggiurkan bagi anak-anak. hehehe..


cara membuat kue pisang coklat meses
Cara Penyajian Kue Pisang Coklat Susu
Yang perlu dicatat, blog ini bukanlah sebuah blog yang dikhususkan untuk menyajikan informasi cara membuat masakan dan kue profesional sehingga jika ingin lebih tahu lebih detail lagi tentang resep silakan melihat blog yang khusus membicarakan tentang hal ini.

Blog ini adalah merupakan dokumentasi aktivitas pembelajaran anak-anak, sehingga saya bisa melihat portofolio mereka di sini.

Sengaja judulnya adalah cara membuat kue pisang coklat versi Ahmad. Mengapa? oleh karena cara membuat kue yang saya dokumentasikan adalah berdasarkan informasi atau presentasi yang disampaikan oleh Ahmad.

Saya melatihnya untuk membiasakan mengungkapkan ekspresi setelah melakukan aktivitas. Dan Ahmad menuliskannya dan saya dokumentasikan di sini.

Ini adalah bahasanya Ahmad dalam menerangkan proses membuat kue pisang coklat (sengaja tidak saya edit):

Ahmad mau pisang coklat bi.
Tadi ada yang jualan pisang lewat, trus dipanggil.
Itu pisangnya Ahmad yang potong potong sendiri.
Ditaro di piring.
Trus dikasih susu kental.
Trus kasih coklat meses.

Itulah langkah membuat kue pisang coklat dan susu versi Ahmad.


Pelajaran yang bisa diambil dari aktivitas ini


Walau sederhana, dalam artian bahan-bahan sederhana dan mengungkapkan ekspresinya juga sederhana, namun ada banyak pelajaran yang dapat dipetik dari kegiatan ini.


1. Melatih syaraf motorik dan sensorik dengan memotong-motong pisang dengan bagian yang hampir sama.

2. Melatih sikap hati-hati dan teliti serta cekatan, sebab untuk anak seumuran Ahmad, kegiatan dengan menggunakan pisau agak berbahaya. Oleh karena itu, saya mengawasinya dan memotivasinya agar bersikap hati-hati.

3. Membiasakan mengungkapkan ide atau presentasi kepada orang lain. Dalam hal ini, Ahmad menceritakan bagaimana cara membuat kue pisang coklat susu yang sudah dibuatnya.


Demikianlah kegiatan mengisi liburan di rumah pada kali ini. Itulah dokumentasi seri liburan sekolah.

Mudah-mudahan mendapatkan pengalaman yang bermakna dalam liburan sekolah kali ini, semoga ayah bunda yang membaca dokumentasi ini mendapat manfaat atau bahkan ide lain untuk mengisi liburan sekolah untuk anak-anak di rumah yang murah meriah dan bermanfaat bagi kehidupan mereka kelak.



Baca tulisan lainnya yang terkait dengan aktivitas pembelajaran anak di rumah:

- Berkarya dengan play dough

- Cara membuat mainan anak murah dan contohnya

- Contoh Menggambar bebas untuk anak - line drawing



0 comments:

Post a Comment