Line drawing: cerita
bergambar dan menggambar bebas
Saya sengaja memberi judul line drawing, sebab saya tidak tahu untuk mengartikan kalimat tersebut ke dalam bahasa Indonesia. Kalau diartikan secara tekstual line drawing berarti menggambar garis atau gambar garis. Jika diartikan secara kontekstual dari yang saya praktekkan, line drawing ini berarti menggambar dengan pena atau pensil dan gambar tersebut tidak diberi warna. Saya bukan pakar dalam hal ini, jadi maafkan saja bila ada salah dalam menginterpretasikan kata tersebut.
Dalam kasus saya, saya hanya ingin mendokumentasikan aktifitas pembelajaran anak anak yaitu berupa permainan menggambar. Loh kok permainan? Bukannya pembelajaran menggambar? Jawabannya panjang, dan teman teman bisa mencari jawabannya pada postingan saya yang lainnya mungkin atau pada sumber yang lain.
Ada dua jenis gambar yang Azka buat, yaitu cerita bergambar dan menggambar bebas. Untuk menggambar bebas dan membuat cerita bergambar, beliau berkreasi dengan media kertas A4 berwarna dan yang putih serta menggunakan pensil dan pena.
Catatan untuk cerita bergambar
- Saya jelaskan hukum menggambar makhluk hidup yang memiliki ruh (manusia dan hewan) kepada anak anak. Kalo teman teman ingin tahu hukumnya dengan dalil yang lengkap, silakan search ke http://yufid.com , dengan kata kunci hukum menggambar makhluk hidup.
- Oleh karena itu, saya instruksikan kepada anak anak bahwa untuk menggambar manusia, jangan lengkap atau sempurna, jadi harus menggambar dengan tidak ada wajahnya ( tidak ada mata, hidung, dll) sehingga gambar itu tidak dianggap sebagai gambar makhluk hidup yang hakiki (sempurnya)
- Saya bebaskan beliau berkspresi bercerita mengenai apa saja dan menggambar dengan tema apa saja.
Itu saja catatan untuk cerita bergambar.
Saya sengaja memberi judul line drawing, sebab saya tidak tahu untuk mengartikan kalimat tersebut ke dalam bahasa Indonesia. Kalau diartikan secara tekstual line drawing berarti menggambar garis atau gambar garis. Jika diartikan secara kontekstual dari yang saya praktekkan, line drawing ini berarti menggambar dengan pena atau pensil dan gambar tersebut tidak diberi warna. Saya bukan pakar dalam hal ini, jadi maafkan saja bila ada salah dalam menginterpretasikan kata tersebut.
Dalam kasus saya, saya hanya ingin mendokumentasikan aktifitas pembelajaran anak anak yaitu berupa permainan menggambar. Loh kok permainan? Bukannya pembelajaran menggambar? Jawabannya panjang, dan teman teman bisa mencari jawabannya pada postingan saya yang lainnya mungkin atau pada sumber yang lain.
Ada dua jenis gambar yang Azka buat, yaitu cerita bergambar dan menggambar bebas. Untuk menggambar bebas dan membuat cerita bergambar, beliau berkreasi dengan media kertas A4 berwarna dan yang putih serta menggunakan pensil dan pena.
Catatan untuk cerita bergambar
- Saya jelaskan hukum menggambar makhluk hidup yang memiliki ruh (manusia dan hewan) kepada anak anak. Kalo teman teman ingin tahu hukumnya dengan dalil yang lengkap, silakan search ke http://yufid.com , dengan kata kunci hukum menggambar makhluk hidup.
- Oleh karena itu, saya instruksikan kepada anak anak bahwa untuk menggambar manusia, jangan lengkap atau sempurna, jadi harus menggambar dengan tidak ada wajahnya ( tidak ada mata, hidung, dll) sehingga gambar itu tidak dianggap sebagai gambar makhluk hidup yang hakiki (sempurnya)
- Saya bebaskan beliau berkspresi bercerita mengenai apa saja dan menggambar dengan tema apa saja.
Itu saja catatan untuk cerita bergambar.
Di bawah adalah portofolio cerita bergambar dan menggambar bebas Line Drawing
Di
atas adalah cerita Azka
tentang berbelanja di toko dan memetik buah di taman.
Cerita
di atas adalah tentang kegiatan di rumah.
Gambar
di atas bercerita tentang anak anak yang berkemah di taman. Ada
masjidnya di taman tersebut sehingga anak anak yang berkemah dapat
shalat berjamaah di masjid.
Sedangkan
gambar di atas menceritakan tentang bermain di taman.
Terakhir,
dokumentasi yang saya upload ke blog adalah tentang rumah di tepi
pantai.
Itulah
contoh portofolio cerita bergambar dengan line drawing.
0 comments:
Post a Comment