Waktu liburan idul fitri kemarin, saya bersama anak-anak kebetulan menghabiskan beberapa hari di Yogyakarta. Kesempatan emas kebersamaan dengan anak-anak tidak saya lewatkan begitu saja. Inilah waktunya menambah wawasan pengetahuan bersama anak, sehingga tidak hanya liburan yang didapat namun juga pengetahuan tambahan.

Salah satu tempat untuk menghabiskan hari di sana adalah taman pintar. Di pintu masuknya kita akan segera melihat lincahnya ikan-ikan yang bergerak ke sana kemari.


bagaimana sifat tidur ikan? apakah matanya tetap terbuka atau terpejam?



Biasanya setelah mengamati sesuatu, anak-anak bertanya tentang sesuatu yang dipikirkannya. Nah, diwaktu itulah saatnya mengajarkan anak konsep tentang sesuatu tersebut (dalam hal ini adalah pengetahuan tentang ikan).

Ada banyak hal yang ditanyakan oleh anak-anak, seperti:

- Apakah ikan bisa tidur?

- Kenapa ikan bisa tahan napas lama di dalam air?

- Kenapa ikan bergerak terus, apakah tidak cape?

- Dan seterusnya.

Dalam artikel kali ini, saya akan khusus membahas tentang cara tidurnya ikan, apakah mata ikan terpejam ketika tidur, dan sifat tidur ikan yang lain.

Tapi sebelum membahas tentang pertanyaan cara tidur ikan, saya tuliskan dulu pengetahuan dasar tentang ikan. Setelah itu baru kita masuk ke pokok pembahasan kita tentang tidurnya ikan.

Pengetahuan tentang ikan


- Ikan adalah hewan bertulang belakang.

- Habitat ikan adalah di air.

- Ikan adalah hewan berdarah dingin.

- Ikan umumnya bernapas dengan insang

- Tubuh ikan mempunyai sisik.

- Bergerak di air dan menjaga keseimbangan badan dengan siripnya

- Ikan banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat, diantaranya:

  Protein (18-50%), lipid (10-25%), karbohidrat (15-20%), fosfor (<1.5%), air (<10%), vitamin, dan mineral. Kandungan nutrisinya tergantung jenis ikan, ikan laut atau ikan di sungai, dan sebagainya.

(Sumber: Understanding fish nutrition, feeds, and feeding)

- Oleh karena kaya nutrisi, maka ikan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.


Itulah diantaranya pengetahuan umum dan dasar tentang ikan. Kemudian saya akan menguraikan tambahan informasi mengenai salah satu sifat ikan sebagai jawaban pertanyaan,"apakah ikan juga tidur seperti tidurnya manusia?"

Sebelum menjawab pertanyaan apakah ikan bisa tidur atau tidak, maka marilah kita tonton dulu indahnya ikan man fish atau dinamakan juga ikan angel fish yang bergerak lincah di dalam akuarium.





Kembali ke topik awal, yaitu menjawab pertanyaan tentang tidurnya ikan, saya mengambil jawaban dari buku tips menjawab pertanyaan anak, pustaka al-kautsar.

Dan dari jawaban di buku tersebut, saya pahami dan tulis ulang ke blog ini agar dapat bermanfaat bagi anda. Bukan tidak mungkin anak anda bertanya dengan pertanyaan yang sama dengan tulisan ini.

Jawaban pertanyaan tentang cara tidurnya ikan


Iya, tentu saja. Ikan juga tidur seperti halnya hewan lain yang hidup mereka selalu berada dalam pola yang teratur yaitu terjaga dan tidur. Tidur kemudian bangun, begitu seterusnya setiap hari sampai mereka mati.

Dengan pola hidup di atas, maka ikan (dan makhluk hidup lainnya termasuk juga manusia) dapat menjaga kelangsungan hidupnya.

Pola hidup demikian adalah merupakan sunnatullah. Artinya ini adalah ketentuan yang diberikan Allah Ta'ala bagi seluruh makhluk.

Mungkin anda bertanya lebih lanjut, "jika demikian halnya (ikan juga tidur sama seperti makhluk hidup lainnya seperti manusia dan lainnya), dimanakah dan bagaimanakah ikan bisa tidur?"

Jawabnya adalah ikan tidak menemui kesulitan untuk tidur. Mereka bisa tidur di tempat yang dirasakan cocok untuk mereka, contohnya bisa di dasar laut, bisa di celah-celah tumbuhan air, di dalam akuarium, bahkan ikan ada yang menggali lumpur kemudian ia tidur di dalam lumpur tersebut.

Satu hal yang menakjubkan tentang ikan adalah ketika ikan tidur, mata ikan tidak tertutup. Dalam keadaan tidur mata ikan tetap dalam keadaan terbuka. Sebab ikan tidak memiliki pelupuk mata yang dengannya ikan bisa menutup matanya.

Nah, sekarang kamu tambah lagi pengetahuannya tentang salah satu hewan ciptaan Allah, yaitu ikan. Jika kamu ditanya temanmu mengenai sifat tidurnya ikan, maka sekarang kamu sudah bisa menjawabnya.


Artikel lainnya tentang hewan:

Hewan pemakan tumbuhan bisa berjalan di hari pertama dilahirkan, mengapa?

Penanganan setelah digigit kepinding

Jenis-jenis sapi dan informasi lainnya tentang sapi



0 comments:

Post a Comment