Masih berlanjut kepada tulisan sebelumnya tentang bumi yang berotasi, sekarang yang ditanyakan adalah hal yang terkait dengannya yaitu "kenapa bintang tidak terlihat pada siang hari?"

Pada kali ini, karena saya masih samar akan jawaban yang tepat, maka saya ulur waktu untuk menjawabnya. Diapun menyetujuinya. Segera saya buka buku yang berjudul tips menjawab pertanyaan anak, dan Alhamdulillah saya menemukan jawabannya di sana.

Tulisan ini adalah bentuk dokumentasi dan juga untuk sharing informasi agar ayah dan bunda dapat membacanya sehingga dapat menjawab dengan tepat bila anak bertanya dengan pertanyaan yang sama.


kenapa bintang tidak terlihat pada siang hari - terlihat pada malam hari


Kenapa bintang di siang hari tidak terlihat?


Jawaban:


Pada dasarnya, ketika ada dua sinar, yang satu sinarnya lemah dan yang lain sinarnya kuat, maka kita hanya akan melihat yang sinarnya lebih kuat. Kamu harus tahu dulu konsep dasarnya yang ini. Nah sekarang, dengarkan baik-baik.

Sebelum menjawab, abi/ummi akan jelaskan dulu tentang pengalaman kita tempo lalu ketika listrik dari PLN mati.

Kita masuk ke kamar yang gelap akibat listrik mati, lalu kita nyalakan lilin. Setelah lilin menyala kita menyaksikan cahaya lilin menerangi kamar bahkan seluruh ruangan kamar.

Setelah lampu listrik menyala, apa yang terjadi? Cahaya lilin kalah kuat cahayanya oleh cahaya lampu yang lebih besar. Cahaya lilin kalah oleh cahaya lampu, sehingga kita melihat seolah-olah hanya cahaya lampu saja yang menerangi kamar.

Nah, begitu juga dengan bintang dan matahari.

Sesungguhnya bintang-bintang yang kita lihat pada malam hari tidak bersembunyi diwaktu siang, sehingga bintang-bintang pada waktu siang seolah-olah tidak kelihatan.

Bintang tersebut tetap ada dan ia bahkan memiliki cahaya sendiri.

Terlihatnya bintang-bintang tergantung dengan kondisi cahaya yang ada. Dimalam hari, saat sinar matahari tidak mengenai bumi yang kita tempati, bintang-bintang tersebut akan nampak dengan jelas. Pada malam hari cahaya matahari tidak nampak sehingga cahaya bintang itulah yang ada.

Sedangkan pada siang hari, sinar matahari sangat kuat menyinari bumi sehingga mengalahkan cahaya dari bintang-bintang yang ada. Kenapa sinar matahari lebih kuat cahayanya dibanding bintang-bintang? Karena letak matahari lebih dekat ke bumi daripada bintang yang lain sehingga cahayanya lebih kuat.

Oleh karena sinar matahari yang lebih kuat pada siang hari, maka seolah-olah bintang-bintang "sembunyi" atau tidak kelihatan oleh kita. Dan ketika malam hari ketika sinar matahari tidak mengenai bumi, maka bintang-bintang tersebut terlihat oleh kita.

0 comments:

Post a Comment