Masih tentang wisata yang hemat dan menyenangkan. Kali ini tentang jalan-jalan sekaligus wisata ke museum, wisata yang patut dicoba oleh sobat sekeluarga. Mengapa? karena jalan-jalan ke museum itu bukan hanya sekedar jalan-jalan, namun ia adalah tamasya ilmu. Oleh karena ada selain refreshing ada unsur edukatif didalamnya. 

Pada tulisan ini, saya hanya membatasi informasi tentang museum apa saja yang terletak di kota Bogor dan informasi bangunan bersejarah di seputar Indonesia yang menarik untuk dikunjungi.

Saya yakin, ada minimal satu museum yang belum sobat kunjungi. Dengan tulisan ini, saya harap sobat mengetahui informasi seputar museum sehingga dapat melakukan persiapan kunjungan ke museum (dalam hal ini museum yang berlokasi di kota Bogor dan sekitarnya).

Sebenarnya mengeksplorasi museum itu aktivitas menyenangkan. Setiap museum memiliki keunikan tersendiri. Mari kita galakkan aktivitas kunjungan ke tempat-tempat yang multifungsi, tempat yang berguna sebagai tujuan wisata sekaligus ada unsur edukasi di sana. Salah satu contoh tempat tersebut adalah museum, bangunan bersejarah, monumen, tugu, perpustakaan, dan lain lain.

Sekarang kita ke informasi seputar museum yang berada di Bogor beserta alamatnya. Setelah itu saya akan tampilkan informasi bangunan/tugu/monumen yang layak kunjung di seputar Indonesia beserta alamatnya.

Informasi museum yang terdapat di Bogor

1, Museum Kepresidenan.

Letak museum kepresidenan adalah di dekat istana Bogor. Museum ini diresmikan oleh mantan Presiden kita yaitu Susilo Bambang Yudhoyono. 

Di dalam museum kepresidenan, sobat dapat mengetahui perjalanan para Presiden Indonesia dari Presiden pertama sampai Presiden Indonesia saat ini.

Alamat museum Kepresidenan adalah Jl. Ir. H. Juanda No. 1, Bogor.

Lokasi tepatnya museum kepresidenan adalah seperti yang terlihat pada gambar peta di bawah:

lokasi dan jam operasional museum kepresidenan bogor
Museum Kepresidenan Balai Kirti
Dari peta di atas, kita juga mendapat informasi hari dan jam operasional museum ini, dan kapan museum kepresidenan ini ditutup untuk umum.

Museum Kepresidenan Balai Kirti dibuka pada hari Sabtu dan Minggu, pada jam sembilan pagi sampai jam dua sore. Hari Selasa sampai Jumat, pada jam sembilan pagi sampai jam tiga sore.

Di bawah adalah gambar website Museum Kepresidenan Balai Kirti Bogor.

Update: Untuk jadwal buka dan tutup museum yang terkini, silakan lihat di official website https://museumkepresidenan.id/

website museum kepresidenan balai kirti bogor
https://museumkepresidenan.id/


2. Museum PETA

Museum PETA adalah museum yang cocok dikunjungi bagi sobat yang menyukai sejarah. Di museum PETA ini berisi tentang kisah sejarah para pejuang PETA mulai dari masa pendudukan Jepang hingga masa kemerdekaan Indonesia. 

Sebagai tambahan informasi, sobat dapat melihat kisah cikal bakal terbentuknya AD (Angkatan Darat) RI.

Ada beberapa koleksi diorama yang ditampilkan pada museum PETA Bogor ini, seperti:


  1. Pembentukan tentara PETA
  2. Pemberontakan PETA Blitar
  3. Peristiwa Rengasdengklok tanggal 16 Agustus 1945
  4. BKR (Badan Keamanan Rakyat) yang merupakan cikal bakal TNI 
  5. Peristiwa rapat raksasa di lapangan IKADA
  6. Dan seterusnya


Dimana letak museum PETA? Sobat bisa berkunjung ke Jalan Jenderal Sudirman No.35, Bogor.

Inilah gambar dan lokasi museum PETA Bogor:

gambar museum peta bogor

Informasi museum PETA Bogor bisa dibaca di http://asosiasimuseumindonesia.org/gagasan/2-single-articles/100-museum-peta-perjuangan-bogor.html

3. Museum Perjuangan

Bagi sobat yang ingin mengetahui tentang perjuangan para pahlawan Bogor, sobat harus mengeksplorasi museum perjuangan ini. 

Museum ini menyimpan koleksi benda-benda bersejarah dan cerita perjuangan para pahlawan, khususnya di Bogor. Kisah heroik para pahlawan semasa penjajahan Inggris dan Jepang dapat sobat lihat di museum perjuangan ini.

Kita akan mengenal lebih dekat para pahlawan Bogor (misalnya Mayor Oking, Kapten Muslihat, dan lain lain) melalui dokumentasi yang terdapat di dalam museum Perjoangan Bogor ini. Kini nama mereka diabadikan menjadi nama jalan di kota Bogor.

Beberapa koleksi di dalamnya adalah patung Kapten Muslihat yang terbuat dari batu monolith, foto para tokoh pahlawan nasional yang berasal dari Bogor, peta tematik tumpang gilir, mata uang yang pernah beredar di Indonesia, dan diorama yang terdapat di dalam lemari kaca. Museum ini juga memiliki beberapa koleksi diorama dari berbagai pertempuran di Bogor dan sekitarnya dalam merebut kemerdekaan.

Museum Perjuangan terletak di jalan Merdeka No.56, Bogor.

alamat museum perjuangan di kota bogor


4. Museum Zoologi dan Etnobotani

Untuk mengenal flora dan fauna lebih dalam terutama hewan dan tumbuhan di Indonesia, sobat dapat menjelajahi museum zoologi dan etnobotani. 

Museum zoologi memiliki koleksi yang berkaitan dengan dunia satwa seperti berbagai spesimen yang diawetkan maupun fosil hewan. Koleksi ilmiah yang dimiliki museum ini meliputi kategori antara lain: mamalia, ikan, burung, reptil dan amfibi, moluska, serangga, dan invertebrata lain yang bukan moluska dan serangga.

Yang menarik dari museum ini adalah disajikannya diorama dan replika flora dan fauna Indonesia.

Berbagai koleksi fauna yang terdapat di museum Zoologi Bogor yaitu: mamalia, ikan, burung, reptil, amfibi, moluska, serangga, invertebrata.

Letak museum zoologi dan museum etnobotani berdekatan, sehingga jika sobat mengunjungi museum zoologi dapat singgah juga ke museum etnobotani.

Museum Zoologi di jalan Ir. H. Juanda No. 9 sedangkan museum Etnobotani di jalan yang sama dengan nomor 24.

Inilah peta Museum Zoologi Bogor:

alamat museum zoologi bogor


Informasi dan gambar tentang museum zoologi bogor (Museum Zoologicum Bogoriense) dapat dilihat di https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Zoologi_Bogor

Alamat Museum Etnobotani Bogor adalah di :

jam operasional museum etnobotani bogor

Dari gambar di atas, kita mengetahui bahwa museum Etnobotani dibuka pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis. Museum Etnobotani Bogor ditutup hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sedangkan pada hari dibukanya museum etnobotani, jam operasional (jam buka) museum adalah jam delapan pagi sampai jam empat sore. 

Update: Museum Etnobotani sekarang menjadi MUNASAIN (Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia) , baca infonya di sini.



5. Museum mobil dan keramik

Bagi sobat yang ingin mengetahui mobil pertama presiden Indonesia dapat mengunjungi museum ini. 

Sobat dapat menjelajahi pameran mobil-mobil antik dan keramik-keramik di sini.

Berminat mengunjungi museum mobil dan keramik? Kunjungi saja ke kawasan sirkuit sentul, Babakan Madang, kabupaten Bogor.

Di bawah ini adalah alamat museum Mobil dan Keramik di kawasan Sentul:

lokasi museum mobil sentul km 42 kabupaten bogor


Bangunan bersejarah di seputar Indonesia yang patut dikunjungi

1. Jam Gadang

Jam Gadang terletak di kota Bukit tinggi. Alamat lengkapnya di jalan Parak Kubang No.40, Guguk Panjang, Sumatra Barat.

Sesuai dengan namanya "gadang", jam ini adalah terbesar di Indonesia (seperti halnya Big Bang di London). 

Disekitar jam gadang terdapat pasar dan tempat kuliner. Sangat recommended  untuk dikunjungi bersama keluarga.

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Jam_Gadang

2. Monjaya (Monumen Jalesveva Jayamahe)

Monjaya terdapat di kota Surabaya, tepatnya di Jalan Taruna 1 ujung, Tanjung perak. 

Jika ada open house , monjaya dibuka untuk umum. Nah, jika dibuka untuk umum, sempatkan untuk menjelajahi monjaya untuk eksplorasi tentang dunia maritim atau kelautan di Indonesia.

Sebagai informasi tambahan Jalesveva Jayamahe adalah motto Angkatan Laut yang artinya justru di laut kita jaya. Monumen Jalesveva Jayamahe Surabaya ini menggambarkan seorang perwira TNI Angkatan Laut yang berpakaian PDU (pakaian dinas upacara) yang gagah menatap laut.

Lihat gambar monumen jalesveva jayamahe atau disingkat monjaya di bawah ini:

monjaya ujung dermaga surabaya
Informasi seputar Monjaya Surabaya dapat dilihat di https://id.wikipedia.org/wiki/Monumen_Jalesveva_Jayamahe

3. Monjali (Monumen Jogja Kembali)

Sesuai namanya, monjali berlokasi di kota Jogja. Sobat dapat mengunjunginya di jalan Lingkar Utara, Jongkang Sariharjo, Sleman, Jogjakarta.

Monumen sekaligus museum ini layak dikunjungi untuk melihat diorama sejarah. Sebagai tambahan informasi, jika malam hari ada taman lampion.

Wisata malam taman lampion yang berlokasi di monumen jogja kembali (monjali) terdapat beberapa wahana untuk sobat nikmati bersama keluarga, seperti: boom boom car, ATV, bola air, trampolin, helicak, becak mini, dan lain lain.

lokasi monjali yogya

Menurut situs http://www.monjali-jogja.com/   yang saya lihat per tanggal 25 Maret 2016, harga tiket masuk monjali adalah sebesar sepuluh ribu rupiah (ada diskon 10% untuk rombongan lebih dari 30 orang, rombongan TK dan panti asuhan didiskon 50%).

Update: Berdasarkan info terbaru, harga tiket Rp. 15.000,-


4. Tugu Khatulistiwa

Tugu khatulistiwa berlokasi di jalan khatulistiwa, Pontianak Utara, Kalimantan Barat.

Tugu ini dinamakan khatulistiwa karena tugu ini berdiri tepat di garis khatulistiwa yang memisahkan bumi bagian utara dan bumi bagian barat. 

Tidak semua negara dilintasi oleh garis khatulistiwa, oleh karena itu sobat perlu mengunjungi tugu ini karena letaknya yang spesial.

Alamat dan gambar tugu khatulistiwa Pontianak Kalimantan Barat:

gambar tugu khatulistiwa - the equator monument indonesia

Dari gambar di atas, diketahui bahwa tugu khatulistiwa dibuka setiap hari pada jam operasionalnya dibuka dari jam 7:30 pagi sampai jam 4:30 sore.

Persiapan untuk menjelajahi museum

1. Siapkan ongkos dan uang untuk membeli tiket.
Jangan takut, harga tiket masuk ke museum itu terjangkau untuk sobat dan sekeluarga.

2. Cari tahu info seputar museum.
Sebelum pergi ke museum apa, tentukan tujuan sobat. Contohnya: ingin mengenal dunia fauna. Maka sudah pasti pergi ke museum zoologi. 

Setelah itu, cari tahu rute untuk mencapai museum tersebut, harga tiketnya, hari apa buka dan tutupnya, serta jam berapa buka dan tutupnya. 

3. Persiapkan alat untuk dokumentasi.
Alat dokumentasi sederhana yaitu bulpen dan kertas. Bisa juga gadget dengan aplikasi didalamnya, seperti evernote

Dapat juga alat perekam suara, sehingga tidak perlu repot-repot menulis. Ditambah kamera untuk mengambil gambar penting. 

Namun smartphone keluaran terbaru sudah tercakup semua didalamnya, seperti alat rekam suara, rekam video, rekam gambar, notes/catatan, dan seterusnya. 


Penutup
Tamasya ke pantai dan jalan-jalan ke mall sudah mainstream. Sobat sekeluarga dapat menjelajahi museum dan bangunan spesial dan bersejarah di sekitar daerah tempat tinggal sobat. 

Mengunjungi museum bukan sekedar jalan-jalan lho. Selain refreshing, sobat bisa mengeksplorasi hal-hal yang penting untuk diketahui. 

0 comments:

Post a Comment