Suatu sore yang indah, ditemani rintik hujan. Sambil membaca buku cerita di teras belakang, si kakak meminta tolong ibunda untuk membuatkan teh manis hangat. Segera sang ibunda memanaskan air dan membuat teh untuk minum bersama di teras.


jawabannya mengapa gelas pecah saat dituang air panas



Setelah itu, terjadilah dialog itu. Si kakak bertanya kepada ibunda,"Mengapa gelas kaca bisa pecah saat diisi air panas?"

Pertanyaan ini sering diajukan karena memang kerap terjadi.

Agar ayah bunda dapat mempersiapkan jawaban sang anak, maka saya menuliskan apa yang telah saya baca pada buku tips menjawab pertanyaan anak pustaka al-kautsar. Semoga tulisan dan rangkuman ini bermanfaat bagi ayah bunda dan adik-adik sekalian.

Jawabannya:


Air panas akan dituang ke gelas kaca, gelas ini dalam kondisi yang normal (alias tidak panas/dingin).

Pada saat air tersebut dituangkan, maka gelas kaca yang bagian dalam langsung menjadi panas juga (karena menyerap panas), sementara bagian luar gelas tetap dalam keadaan dingin.

Oleh karena gelas bagian dalam kondisinya panas, maka ia langsung memuai, sementara bagian luar tetap dalam kondisi semula.

Kondisi itulah yang membuat gelas pecah ketika dituang air yang panas.


bagaimana cara supaya gelas tidak pecah saat diisi air panas


Cara agar gelas tidak pecah bagaimana?


Caranya adalah air (seperti teh, kopi, dll) dituangkan ke gelas tidak dalam kondisi yang panas, atau air tersebut dituangkan ke dalam gelas dengan perlahan dan sedikit demi sedikit (tidak sekaligus).

Cara lainnya adalah dengan memasukkan sebuah sendok logam ke dalam gelas. Hal ini dapat membantu agar gelas tidak cepat memuai dan kemudian pecah. Sebab, hawa panas air tersebut tersalurkan ke udara melalui sendok, jadi hawa panas yang diserap oleh gelas bagian dalam menjadi berkurang.

Kesimpulan:


1. Gelas kaca bagian dalam menyerap panas dari air panas.

2. Oleh karena kaca bagian dalam tersebut panas, maka kaca tersebut memuai.

3. Bagian luar kaca kondisinya tetap (alias tidak memuai)

4. Karena bagian dalam memuai (membesar) dan bagian luar tidak ikut memuai, maka bagian dalam mendesak keluar sehingga mengakibatkan gelas kaca tersebut pecah.

5. Cara agar gelas kaca tidak pecah, tuangkan air hangat perlahan-lahan. Bisa juga dengan memasukkan sendok logam ke dalam gelas sehingga gelas bagian dalam tidak cepat memuai.

Nah, dengan jawaban di atas, kamu jadi mengerti bagaimana menuang air kopi atau air teh hangat ke gelas kaca sehingga gelas tersebut tidak pecah.

0 comments:

Post a Comment