Akhir-akhir ini sering kita mendengar dan melihat saudara-saudara kita di bagian lain dari wilayah Indonesia tertimpa ujian, entah itu gempa bumi, banjir, longsor, tsunami, gunung meletus, dan bencana alam lainnya.

Dengan berbagai kejadian di atas, kita harus memberikan motivasi untuk bersabar dan ikhlas menerima ujian tersebut kepada saudara kita yang terkena, dan yang paling penting adalah memberikan support dan bantuan, minimal dengan doa.

Kita bersyukur kepada Allah Ta'ala diselamatkan dari beragam bencana. Dan yang terpenting adalah berdoa kepada-Nya agar kita dijauhkan dari berbagai macam malapetaka dan bencana.

Saya menulis ulang doa yang terkait permohonan kita kepada Allah agar dijauhkan dari marabahaya, agar saya semakin hafal doa ini dan dapat mengamalkannya setiap hari.

Semoga sobat pembaca yang membaca tulisan ini juga dimudahkan Allah dalam menghafal dan membaca doa berlindung kepada Allah dari musibah dan bencana ini setiap hari.


Doa yang pertama


Doa ini adalah salah satu doa yang termasuk doa/dzikir pagi dan petang.


doa & dzikir pagi sore agar terhindar dari marabahaya


Inilah doanya:


بِسْمِ اللَّهِ الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Arti doa di atas adalah:


Dengan menyebut nama Allah, yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang akan membahayakan, baik di bumi maupun di langit. Dialah Yang Maha Mendengar dan Yang Maha Mengetahui.


Penjelasan


Doa di atas dibaca pada setiap pagi dan petang. Dibaca tiga kali.

Keterangan


Barangsiapa yang membaca doa ini tiga kali ketika pagi dan sore, maka tidak ada sesuatu yang bisa membahayakan dirinya.

Doa diambil dari hadits hasan shahih,  riwayat at-Tirmidzi no. 3388.


Sumber:
Buku Doa dan Wirid
Penulis: Yazid bin Abdul Qadir Jawas
Pustaka Imam Syafi'i
Cetakan ke 29
Halaman 169


Doa yang kedua


Doa yang kedua ini adalah doa meminta perlindungan kepada Allah agar terhindar dari bencana/hukuman Allah yang datang tiba-tiba.


doa berlindung kepada Allah dari bencana, musibah, dan hukuman Allah



اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيْعِ سَخَطِكَ

Artinya:


Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu, dari berubahnya 'afiat dari Mu, dari hukuman-Mu yang datang dengan tiba-tiba, dan dari seluruh kemarahan-Mu.


Doa dari hadits shahih riwayat Muslim no. 2739


Sumber:
Idem, halaman 293



Sobat, setelah membaca, mengetahui, dan menghafalkan doa-doa di atas, marilah kita mengamalkannya dengan ikhlas. Semoga kita terlindung dari bencana yang datang tiba-tiba. Aamiin.


========================

Sobat dapat membaca dan menghafal doa lainnya, seperti:

- Doa ketika melihat orang lain tertimpa musibah

- Doa agar dimudahkan melunasi hutang

- Doa naik kendaraan

0 comments:

Post a Comment