Ketika sang kakak mempunyai adik bayi, sang kakak kerap memperhatikan seluruh gerak-gerik adiknya, tak terkecuali ketika adiknya menangis.

Ketika sang adik menangis dan keluar air mata, serta-merta ia pasti menanyakan tentang asal air di mata yang keluar akibat si adik yang menangis. Dengan rasa ingin tahunya ia bertanya, "apakah di dalam mata ada gudang/penyimpanan air mata?"


darimanakah keluarnya air mata?



Bersyukurlah kalau anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Sebagai orang-tua yang mempunyai tanggung jawab mendidik anak, kita tinggal mengarahkan mereka dan menjawab dengan tepat serta sesuai dengan logika yang dapat diterima oleh anak seusia mereka.

Sebagai upaya untuk membantu anda untuk memuaskan rasa ingin tahu sang anak melalui pertanyaan ini, maka saya tulis ulang ringkasan jawaban dari pertanyaan darimana asal air yang keluar pada mata ketika orang menangis.

Pertanyaan: Darimana asal air mata? Apakah memang di dalam mata ada tempat penyimpanan air?


Jawaban:

Air mata adalah salah satu cairan yang keluar dari dalam tubuh. Cairan ini hampir sama dengan air, namun rasanya sedikit asin.

Organ yang memproduksi air mata ini letaknya di bawah tempat keluarnya tahi mata yang terletak di ujung mata.

Salah satu fungsi cairan mata ini adalah untuk membersihkan mata secara terus menerus. Sampainya air mata ini dari rumah produksi ke bagian mata secara terus menerus melalui sebuah saluran yang sangat kecil yang ada di masing-masing mata.

Kedua saluran air mata tersebut bertemu di sebuah saluran khusus yang bersambung dengan satu kantung kecil yang bersambung dengan hidung.

Dalam kondisi normal, air mata yang dikeluarkan oleh rumah produksi air mata tidaklah banyak, cukup untuk sekedar membasahi mata. Namun ketika ada sesuatu yang meningkatkan emosi atau kesedihan seseorang hingga ia menangis, maka rumah produksi air mata akan mengeluarkan air mata dalam jumlah lebih dari biasanya.


darimana datangnya air mata?



Berlebihnya produksi air mata ini membuat saluran air mata yang menyambung ke hidung tidak mampu menampung, oleh karena itu air mata tersebut luber dan keluar melalui mata.

Selain karena menangis, produksi air mata berlebih bisa juga disebabkan oleh benda yang mengeluarkan bau tajam yang berada di dekat mata, seperti bau bawang merah, dan lainnya.

Yang penting kamu ingat adalah sesungguhnya air mata akan terus mengalir ke mata dalam kapasitas tertentu dan melaksanakan fungsinya dengan baik yaitu membersihkan mata.


Tambahan informasi mengenai air mata


1. Permukaan bola mata dilindungi oleh lapisan air mata.

2. Fungsi air mata adalah mempertahankan kelembaban permukaan mata, media pembersih dari debris, melindungi permukaan mata, menyediakan oksigen dan nutrisi kepada epitel kornea, mencegah pengeringan permukaan mata.

3. Air mata terdiri atas tiga lapisan, yaitu: lipid, aqueous, dan musin. 

4. Mata kering adalah suatu keadaan defisiensi air mata baik secara kualitas maupun kuantitas, terjadi akibat penguapan air mata yang berlebihan. 

5. Mata kering dapat dialami oleh orang yang terlalu lama melihat layar komputer, membaca serius tulisan di monitor laptop akan membuat frekuensi berkedipnya mata berkurang sehingga bisa membuat mata kering. 


0 comments:

Post a Comment