Akhlak merupakan buah dari tauhid dan keimanan seseorang. Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berdakwah tauhid dan bersamaan dengan itu beliau mendakwahkan akhlak yang mulia. Dalilnya adalah hadits Nabi yaitu : Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia (HR. Ahmad)

contoh akhlak terpuji
Poster Contoh akhlak terpuji

Pengertian akhlak menurut para ahli

Pengertian akhlak dapat diketahui dengan mengetahui kata asalnya dalam bahasa Arab. Ibnu Atsir menyebutkan al-khuluq atau al-khulqu yang berarti dien, tabiat, sifat.

Dari bahasa di atas terkandung pengertian:


  • Manusia terdiri dari dua bagian yaitu jasmani dan rohani, lahir dan batin, jasad dan rasa/perasaan. Sebagaimana jasmani memerlukan makanan, rohani memerlukan makanan pula yang berupa ilmu, iman, dan amal.


  • Manusia yang ideal adalah yang jasadnya kuat/sehat dan yang rasa/sifatnya indah.


Jadi dapat disimpulkan bahwa kita tidak boleh memperlakukan manusia seperti mesin atau benda mati yang tidak mempunyai perasaan. Seperti halnya jika kita ingin diperlakukan dengan baik, maka begitu jugalah seharusnya kita memperlakukan orang lain.

Pengertian akhlak dalam Islam

Banyak pendapat dari para ahli agama yaitu generasi pendahulu kita tentang pengertian akhlak. Saya akan kumpulkan di sini.

1. Ada yang menyatakan bahwa akhlak terpuji adalah berderma, tidak menyakiti orang lain, dan tangguh dalam menghadapi penderitaan.

2. Ada yang berpendapat bahwa beberapa macam akhlak yang karimah adalah selalu berbuat baik dan menahan diri dari keburukan.

3. Ada juga yang mengatakan akhlak yang baik adalah membuang sifat yang hina dan menghiasinya dengan sifat mulia.

4. Menurut Imam Ibnu Qudamah, akhlak merupakan ungkapan tentang kondisi jiwa, yang begitu mudah melakukan perbuatan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Jika perbuatan itu baik, maka disebut akhlak yang baik dan jika buruk disebut akhlak yang buruk.

5. Aisyah radhiallahu 'anha ditanya tentang akhlak Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau menjawab akhlak Nabi adalah Al-Qur'an. Mengapa? karena segala perintah yang ada dalam Al-Qur'an beliau kerjakan dan segala larangan beliau tinggalkan.

6. Akhlak mempunyai cakupan luas, yaitu mencakup akhlak kepada Allah dan akhlak kepada makhluk.

7. Contoh akhlak yang baik kepada Allah: beriman kepada Allah, men-tauhidkanNya, membenarkan berita yang datang dari Allah melalui rasulNya, melaksanakan hukumNya, sabar dan ridha dengan takdirNya.

8. Ada ahli ilmu yang berpendapat bahwa akhlak kepada makhluk adalah orang lain tidak tersakiti olehnya baik dengan lisan atau badan, suka menolong/derma, dan bermuka manis di hadapan orang lain.

9. Imam Ibnul Qayyim dalam al-Fawaid berkata: akhlak yang baik adalah sabar, berani, adil, ksatria, menjaga kesucian diri dan kehormatan, suka berderma, pemaaf, mampu menjaga emosi, tidak dendam, mampu menahan derita yang dihadapi, mengutamakan orang lain, rendah hati, merasa cukup pemberian dari Allah, jujur, ikhlas, membalas kebaikan dengan kebaikan, membalas kejahatan dengan kebaikan, tidak menyibukkan diri dengan hal yang tidak bermanfaat,

Itulah intisari yang dapat saya kumpulkan dari berbagai sumber tentang maksud akhlak, pengertian akhlak, dan macam-macam dan contoh akhlak baik kepada Allah maupun akhlak kepada makhluk (orang lain, hewan, tumbuhan, dll).

Rangkuman ini saya buat setelah ada anak yang mengerjakan tugas rumah (PR) tentang pengertian akhlak, untuk membantu menjawab PR tersebut maka saya cari sumber yang shahih dan merangkumnya di blog ini. Semoga bermanfaat bagi sobat pembaca.

Sumber:
1. http://almanhaj.or.id/content/2889/slash/0/jalan-menuju-kemulian-akhlaq/
2. Buku "Bengkel Akhlak" oleh ustadz Fariq, terbitan Darus Sunnah.

0 comments:

Post a Comment