Setelah mengetahui tentang konsep active learning dan mempraktekkannya, kali ini saya akan menjelaskan tentang active reading.

Sama halnya dengan active learning, aktivitas active reading adalah aktifitas yang melibatkan otak, sebuah proses yang menghasilkan sebuah makna atau pemahaman versimu dari kumpulan text atau tulisan baik tulisan di buku/textbook, jurnal, catatan, dan lainnya.

Sekali lagi, active reading (membaca dengan aktif) adalah sebuah proses yang terdiri dari aktivitas perencanaan, strategi atau cara membaca efektif dengan tujuan akhir adalah meningkatnya pemahaman pembaca atas sebuah bacaan.



tips active reading untuk mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman



Sumber bacaan bagi pelajar dan mahasiswa berbeda, kalau pelajar sumber bacaan untuk mempelajari materi pelajaran sebagian besar adalah buku panduan, sedangkan mahasiswa sumber bacaan yang harus ia baca selain text-book atau buku panduan antara lain adalah buku tambahan atau buku referensi lain sebagai pelengkap, jurnal akademis, online postings, reports, dan seterusnya.


jurnal, koran, web, textbook adalah contoh sumber bacaan untuk mahasiswa



Bagaimana cara membaca yang aktif agar dapat meningkatkan pemahaman?


Yaitu dengan menerapkan empat proses dalam membaca aktif, yaitu:

1. Persiapan

2. Membaca

3. Mendapatkan pokok pikiran / ide utama

4. Review


Persiapan


Dalam hal persiapan, kamu harus mulai dengan investigasi buku yang ditugaskan untuk dibaca.

Mulai dari pertanyaan mengapa dosen menyuruh saya membaca buku ini. Apakah dosen menyebutkan sesuatu tentang buku, penulis, atau pengarangnya?

Kemudian lihat daftar isinya, bandingkan dengan silabus kuliah kamu, apakah buku ini mendukung mata kuliah yang kamu ambil?

Jika langkah-langkah persiapan di atas kamu lakukan, ini berarti kamu akan mendapatkan overview atau garis besar buku panduan dan lebih siap untuk membaca buku tersebut dengan aktif serta mengerti konteks isi buku tersebut dengan baik.


Membaca


Dalam proses membaca ini, kamu harus mengambil catatan kamu yang didapat dari kelas untuk membandingkan konsep yang didapat di kelas dan konsep yang terdapat di buku.

Lihat apakah di buku yang sedang kamu baca ada tambahan konsep atau tambahan contoh praktikal? Kalau ada kamu bisa tambahkan ke dalam catatan kamu untuk melengkapi informasi yang sudah kamu dapat.


Mencatat ide pokok dari buku yang dibaca


Setelah membaca cepat (scanning), maka kamu bisa membaca keseluruhan materi. Lihat tentang membaca cepat di catatan saya sebelumnya di sini.

Kembali ke sub-bahasan, disinilah kamu menandakan ide-ide pokok yang ada di buku (misalnya dengan pensil warna, dll.), lalu mencatat ide pokok ke buku/kertas catatan kamu.

Gunanya ditandai adalah untuk memudahkan proses review, sehingga kamu bisa langsung review informasi penting dan konsep dasar dari buku tersebut.


Review


Setelah habis melahap materi pelajaran pada buku panduan, maka tahap selanjutnya adalah melakukan review.

Aktivitas mereview dimulai dari pertanyaan:

- apa yang sudah saya baca dan pelajari dari buku ini?

- Apa maksudnya?

Kemudian cobalah menceritakan summary (kesimpulan) dari materi buku tersebut dengan bahasa kamu sendiri, atau menuiiskannya di buku catatanmu.


Itulah penjelasan secara singkat tentang active reading. Baca tips kuliah sukses ke 13.

Baca tips kuliah sukses tips 15, yaitu strategi membaca buku sesuai dengan jenis buku.



0 comments:

Post a Comment